Efek Bevel Photoshop untuk Teks

Efek Bevel Photoshop untuk Teks
Banyak sekali efek-efek dalam Adobe Photoshop yang dapat diterapkan pada gambar atau teks. Pada contoh kali ini akan digunakan efek Bevel yang diterapkan pada teks. Berikut langkah-langkahnya:




1. Buat dokumen baru dalam Adobe Photoshop. Pilih menu File>New. Bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+N. Ukuran dokumen terserah anda.

2. Klik icon Horizontal Type Tools atau tekan huruf keyboard T. Kemudian klik dokumen yang baru kita buat.

Gambar: Icon Horizontal Type Tool.

Dengan mengklik dokumen maka akan otomatis terbentuk Layer 1 untuk Teks. Nama ini hanya sementara dan akan berubah namanya sesuai teks yang anda ketik nantinya.

3. Pilih jenis font, ukuran font dan warna font yang anda inginkan pada options bar yang terletak di bawah menu bar.


Gambar: Options bar untuk Horizontal Type Tool.

4. Setelah menuliskan teks di dokumen, atur posisi teks anda menggunakan command Free Transform. Caranya pilih menu Edit>Free Transform atau menggunakan shortcut keyboard Ctrl+T. Akan muncul kotak free transform berupa garis putus-putus mengelilingi teks. Untuk mengatur ukuran teks, silahkan klik pada garis yang mengelilingi teks. Drag sampai ukurannya sesuai keinginan anda. Geser-geser teks anda menggunakan mouse di bagian tengah teks untuk mengatur posisinya. Untuk mengatur kemiringan teks, arahkan mouse di luar kotak transform kemudian klik tahan sambil menggerakkan mouse anda. Teks akan ikut berputar sesuai gerakan mouse anda. Setelah selesai mengatur, klik tanda centang berwarna hijau pada options bar sebagai tanda telah selesai mengedit teks.


Gambar: Setelah selesai mengetik/mengatur teks, klik commit transform.

5. Selanjutnya adalah menerapkan Efek pada teks. Dengan posisi Layer teks aktif, pilih menu Layer>Layer Style>Blending Options...". Kemudian centang Bevel and Emboss (lihat gambar).


Gambar: Kotak dialog style Bevel & Emboss.

5. Dalam kotak bagian Structure, atur Style, Technique, Depth, Direction, Size dan Soften untuk mendapatkan efek-efek yang anda inginkan. Jangan lupa mengklik checkbox Preview agar bisa melihat langsung efek hasil pengaturan anda. Pengaturan Structure akan menghasilkan efek-efek yang berbeda untuk struktur bevel anda.

6. Dalam kotak bagian Shading, atur Angle, Global Light, Altitude, Gloss Contour, anti aliased, Highlight Mode dengan opacitinya dan Shadow Mode dengan opacitinya untuk mendapatkan bentuk efek bayangan yang anda inginkan. Pengaturan pada Shading akan menghasilkan berapa banyak dan bagaimana efek bayangan terlihat pada teks anda.

7. Berikutnya klik Contour di bawah Bevel and Emboss di bagian kiri kotak dialog Style. Atur contour, anti aliased dan range. Contour berguna untuk mengatur efek pada permukaan teks anda.

8. Terakhir klik Texture yang berada tepat di bawah Contour. Silahkan atur pattern, scale, depth, invert dan link with layer. Texture berguna untuk mengatur pattern teks anda dengan skala dan kedalaman yang anda inginkan.

9. Selamat mencoba!

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

2 komentar:

  1. angga gunawan24 Juli 2014 23.40

    Kalo backgroundnya ingin 3D gimana?

    BalasHapus
  2. saya blm pernah coba 3D. coba photoshop cs6 extended ada fitur 3D nya

    BalasHapus