Mengatur Rasio Gambar Dalam Cropping

Dalam panduan Photoshop kali ini akan dijelaskan mengenai mengatur rasio gambar dalam cropping. Memotong gambar atau biasa disebut cropping adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh pengguna aplikasi foto editor seperti Photoshop. Memilih-milih gambar yang menurut kita bagus dan kemudian ingin membuang bagian dari foto yang tidak kita inginkan adalah kegiatan rutin.


Ada sebuah utilitas dalam Photoshop yang dirancang untuk memotong foto yaitu Crop Tool. Hal menarik dari Crop Tool adalah kita dapat memotong foto tanpa memperdulikan aspek rasio dengan langsung melakukan croping atau dengan tetap menjaga aspek rasio foto. Ada dua cara untuk melakukan pemotongan foto dengan tetap menjaga aspek rasio. Sumber gambar untuk tutorial Photoshop ini saya ambil dari Microsoft Office Image. Berikut ini dijelaskan masing-masing cara.

A. Cara I menggunakan Options Bar.

1. Setelah membuka file gambar anda dengan cara tekan Ctrl+O atau dengan memilih pada menu bar File>Open, klik icon Crop Tool (lihat gambar) atau bisa juga langsung dengan shortcut ketik huruf C.


Gambar: Icon Crop Tool pada icon palette.

2. Sebelum membentuk batas pemotongan dalam foto anda, masukan nilai ukuran tinggi dan lebar pada Options Bar yang berada pada menu bar di bagian atas (lihat gambar).


Gambar: Option bar untuk Crop Tool.

3. Kemudian drag mouse anda pada wilayah gambar utama yang akan anda potong. Perhatikan bahwa aspek rasio dari kotak seleksi tetap terjaga sesuai nilai tinggi dan lebar yang kita isikan pada Options Bar, dalam contoh ini tinggi 290 dan lebar 290. Klik di dalam area kotak seleksi untuk menggeser-geser kotak seleksi sesuai keinginan kita. Kita dapat menggeser kotak seleksi dengan mengklik dimana saja selama masih dalam batas seleksi dan men-dragnya pada lokasi lain.


Gambar: Drag mouse anda pada gambar.

4. Setelah selesai memilih area gambar yang akan kita potong, berikutnya pilih Image>Crop. Selesai sudah proses pemotongan gambar kita dengan menjaga aspek rasio 290 x 290.


Gambar: Setelah menyeleksi, pilih Image>Crop.

B. Cara 2 dengan perintah Transform Selection

Adakalanya kita tidak ingin mengubah rasio foto. kita ingin memotong gambar dengan tetap menjaga rasio tinggi-lebar sama dengan gambar aslinya. Dan juga tentunya kita tidak tahu rasio gambar yang asli. Memang kita dapat membuka kotak dialog Image Size dengan menekan tombol Ctrl+Alt+I untuk menemukan ukuran dan tinggi dari gambar, tapi ada cara yang lebih mudah untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan perintah "Transform Selection", yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan menyeleksi seluruh foto kita. Pilih menu Select>All, atau bisa juga mengunakan shortcut keyboard Ctrl+A. Anda akan melihat garis seleksi mengelilingi pinggiran foto.


Gambar: Transform Selection.

2. Pilih kembali Select>Transform Selection.

3. Sesuai namanya, Transform Selection memungkinkan kita untuk membuat perubahan pada garis batas seleksi tanpa mempengaruhi apapun yang berada di dalam seleksi. Pada kasus ini kita ingin mengatur ulang garis batas seleksi dan membuatnya lebih kecil sampai ia mengelilingi hanya bagian dari foto yang ingin kita potong, memungkinkan kita untuk memotong dimana saja di bagian foto. Untuk mengubah ukuran seleksi, tekan tombol Shift, kemudian klik pada pojok garis batas seleksi kemudian drag kedalam. Menahan tombol Shift akan memaksa rasio gambar tetap sama sementara anda men-drag mouse ke dalam, yang memungkinkan kita untuk menjaga rasio sama dengan foto aslinya.
Geser kotak seleksi sesuai keinginan kita. Jangan mengklik simbol target di tengah kotak seleksi karena akan menggeser simbol tersebut, bukan kotak seleksinya. Setelah puas dengan area gambar yang akan dipotong, tekan Enter.

4. Kemudian, hal terakhir yang harus kita lakukan adalah memotong keluar gambar di luar kotak seleksi. Untuk hal tersebut kita dapat menggunakan command Photoshop. Pilih menu Image>Crop. Setelah selesai memilih Crop. Adobe Photoshop akan membuang bagian gambar yang berada di luar kotak seleksi, menyisakan bagian gambar yang berada dalam kotak seleksi yang tetap memiliki rasio yang sama dengan gambar aslinya. Untuk menghilangkan garis batas seleksi, Pilih menu Select>Deselect atau gunakan shortcut keyboard Ctrl+D atau cukup dengan mengklik sembarang di luar gambar.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar