Mengganti Langit Foto Menggunakan Layer Mask Photoshop

Kali ini kita akan mencoba mengganti langit foto dengan gambar langit dari foto lain menggunakan Polygonal Lasso Tool, Layer Mask dan Advance Blending Slider. Untuk itu siapkan dua buah foto yang memiliki dimensi tinggi dan lebar yang sama. Jika dimensinya berbeda ubah terlebih dahulu salah satu gambar melalui pilihan Image>Image Size atau cukup gunakan shortcut Alt+Ctrl+I. Sumber  gambar  untuk tutorial Photoshop ini saya ambil dari Microsoft Office Image dan National Geographic.


Berikut adalah foto utama yang akan diganti latar langitnya dan foto kedua sebagai background:


Gambar: Foto utama yang akan diganti latar langitnya dengan langit dari foto lain.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Seleksi foto utama. Caranya, aktifkan gambar utama, caranya klik dokumen foto utama, kemudian pilih Select>All, atau bisa langsung menggunakan shortcut Ctrl+A. Anda akan melihat kotak putus-putus mengeliling foto utama sebagai tanda seluruh foto diseleksi. Kemudian salin dengan cara menekan shortcut Ctrl+C atau menggunakan pilihan Edit>Copy untuk menyimpan foto utama kita ke clipboard.

2. Kopikan foto utama yang akan diganti langitnya ke dokumen foto langit yang akan menjadi background. Kedua foto harus digabung dalam satu dokumen dengan foto yang akan menjadi latar berada pada layer paling bawah (background). Aktifkan dokumen foto langit yang akan menjadi background dengan cara mengklik window dokumen langit, kemudian paste foto yang tadi disalin ke clipboard dengan menekan shortcut Ctrl+V atau pilihan pada menu bar Edit>Paste.

3. Setelah kedua foto tergabung dalam satu layer, duplikasikan layer dari dokumen gabungan kedua foto. Caranya klik layer 1 kemudian tekan shortcut Ctrl+J Untuk sementara matikan Visibility Options Layer 1 Copy dengan cara mengklik icon bergambar bola mata.

4. Klik Layer 1 untuk mengaktifkannya. Kita akan melindungi gambar utama dari efek Advanced Blending Slider, caranya dengan menggunakan polygonal lasso tool. Klik icon Polygonal Lasso Tool kemudian seleksi area gambar di bawah langit yang akan kita lindungi. Jika icon Polygonal Lasso Tool tidak terlihat, klik kanan pada icon Lasso Tool atau klik dan tahan untuk menampilkan pilihan icon-icon Lasso Tool lainnya.


Gambar: Icon Lasso Tool, klik kanan/klik tahan untuk menampilkan icon-icon lasso lainnya.

Lakukan proses seleksi ini menggunakan mouse dengan hati-hati untuk membatasi area mana yang harus dilindungi dan area mana yang akan diganti oleh gambar lain.


Gambar: seleksi gambar menggunakan Polygonal Lasso Tool

5. Setelah selesai menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk menyeleksi bagian gambar di bawah langit yang akan dilindungi, klik icon Layer Mask untuk membuat masking.


Gambar: icon Layer Mask (dilingkari warna biru).

6. Kemudian aktifkan layer paling atas dengan cara mengklik kotak kecil di sebelah kiri hingga muncul icon bola mata tanda Visibility Options aktif. Kemudian double klik Layer 1 copy untuk menampilkan kotak dialog Layer Style. Pada drop down menu Blend If pilih warna Blue sesuai warna langit yang ingin kita hilangkan.

7. Tekan Alt kemudian klik slider untuk membagi slider menjadi dua bagian. Geser-geser kedua slider kekiri dan kekanan sampai anda puas dengan gambar yang dihasilkan.


Gambar: Advanced Blend Slider dalam kotak dialog Layer Style.

berikut adalah hasil akhir gabungan dua foto diatas:


Gambar : Tutorial Photoshop menggabung gambar langit dari foto lain.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar