Menghapus Latar Foto Menggunakan Photoshop

Pernahkah anda ingin mengganti warna latar dari foto dengan warna lain. Kita akan mencoba menghapus latar foto menggunakan Photoshop. Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menghapus terlebih dahulu warna latar yang tidak kita inginkan. Kadang kita melihat sebuah foto yang diedit menggunakan Photoshop dimana gambar latarnya diubah menggunakan latar dari foto lain. Untuk referensi lebih lanjut silahkan kunjungi Adobe Photoshop Help.


Kali ini kita akan mengunakan utilitas Photoshop yang jarang diketahui yang dinamakan "Background Eraser Tool". Ini adalah alat yang berguna untuk menghapus warna latar dengan tetap menjaga gambar utama yang kita inginkan tidak terhapus. Penggunaannya sangat mudah jadi anda dapat menggunakannya segera setelah selesai membaca artikel ini. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini saya ambil dari Microsoft Office Image dan National Geographic.

Lakukan langkah-langkah berikut:
1. Buka aplikasi Adobe Photoshop. Buka gambar yang akan anda hapus warna latarnya. Pilih menu File>Open. Sebaiknya pilih gambar yang memiliki warna latar kontras tinggi.


Gambar: foto yang akan kita hapus langitnya.

Sebaiknya simpan gambar asli terlebih dahulu sebelum diedit, anda dapat menduplikasi layernya dengan cara menekan tombol shortcut keyboard Ctrl+J secara bersamaan.

2. Klik icon "Background Eraser Tool" (Lihat gambar, icon berbentuk penghapus dengan gunting). Atur soft brush (Low hardness) dengan ukuran yang anda kira-kira nyaman untuk menghapus latar.


Gambar: Icon Background Eraser Tool.

Atur "Sampling:Once", "Tolerance:50%", dan terakhir pilih "Protect Foreground Color".


Gambar: Option Bar untuk Background Eraser Tool.

3. Klik icon "Eyedropper Tool" yang berbentuk seperti sebuah "pipet" untuk memilih warna dari gambar yang ingin anda lindungi agar tidak terhapus. Untuk gambar contoh, saya akan menghapus warna langit biru dan ingin melindungi gambar bukit batu yang kemerahan. Jadi saya klik bukit batu yang berwarna kemerahan untuk melindunginya agar tidak terhapus.


Gambar: Icon Eyedropper Tool.

4. Setelah mengklik warna gambar yang akan dilindungi, klik kembali icon "Background Eraser Tool". Klik pada latar yang akan anda hapus kemudian drag.

5. Jika ada warna dalam gambar utama lain yang ingin dilindungi, klik kembali icon "Eyedropper tool", klik warna pada gambar utama yang akan dilindungi, kemudian klik kembali icon "Background Eraser". Hapus kembali warna latar. Ulangi langkah ini sampai seluruh warna latar terhapus.


Gambar : Langit telah dihapus menggunakan Background Eraser Tool.

6. Setelah latar terhapus, anda bisa menggantinya dengan warna atau latar lain sesuai keinginan anda. Misalkan kita akan mengganti latar dengan awan dari gambar lain seperti gambar awan berikut:


Gambar: Langit dari foto lain.

Caranya sederhana yaitu pilih gambar kita yang telah dihapus latarnya tadi, kemudian pilih seluruh gambar dengan menekan Ctrl+A  atau dengan memilih menu Select>All. Kemudian kopi dengan cara menekan Ctrl+C. Aktifkan gambar awan yang akan menjadi background dengan mengklik satu kali pada dokumen gambar awan, kemudian tekan Ctrl+V  atau dengan pilihan menu bar Edit>Paste. Berikut ini adalah hasilnya:


Gambar: Hasil copy paste gambar yang telah dihapus langitnya pada background foto langit lain.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar