Efek Air Photoshop

Efek Air Photoshop
Pada belajar Photoshop kali ini kita akan menggunakan Filter Distort Zigzag untuk membuat efek air Photoshop. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat seleksi dengan bentuk elips pada area foto menggunakan Elliptical Marquee Tool (M). Kita akan membuat dua buah seleksi, yang pertama seleksi elips yang berukuran besar dan yang kedua seleksi elips dengan ukuran lebih kecil. Seperti kita ketahui, bentuk riak air memiliki gelombang besar pada pusatnya dan semakin jauh dari pusat maka riak air akan semakin mengecil. Dua seleksi tersebut dibuat pada layer terpisah karena memiliki pengaturan filter zigzag yang berbeda. Namun setelah selesai, kedua layer tersebut bisa digabung. Sebagai tambahan kita bisa menambahkan Filter Gaussian blur jika diinginkan. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari Microsoft Office Image.





Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka file foto anda dengan menekan tombol Ctrl+O atau menu "File", "Open". Pada kotak dialog Open, pilih file anda kemudian klik tombol Open.

2. Klik icon Elliptical Marquee Tool (M) kemudian buat seleksi berbentuk elips pada foto.

Gambar: Elliptical Marquee Tool.


Gambar: Lakukan seleksi berbentuk elips pada foto.

3. Dengan seleksi masih aktif, buat dua layer dengan menekan tombol Ctrl+J dua kali.

Gambar: Buat 2 layer dengan menekan Ctrl+J dua kali.

4. Untuk sementara matikan visibility options Layer teratas dengan cara mengklik icon mata di sebelah kiri.

Gambar: Matikan sementara visibility options layer teratas.

5. Klik Layer 1 atau layer kedua dari atas. Tampilkan seleksi dengan cara mengklik pada thumbnail sambil menekan tombol Ctrl.

6. Setelah muncul seleksi elips kita pada foto, terapkan efek Zigzag dengan memilih menu "Filter", "Distort" kemudian "Zigzag...". Pada kotak dialog Zigzag isi amount dan ridges sesuai keinginan anda. Misal amount diisi 80 dan ridges 15. Untuk style pilih Pond ripples. Klik tombol OK.

Gambar: Filter Distort Zigzag.


Gambar: Hasil Efek Zigzag.

7. Klik icon mata pada layer teratas untuk menghidupkan visibility options. Aktifkan layer teratas dengan mengkliknya kemudian terapkan filter zigzag dengan amount dan ripple yang lebih besar. Kita akan gunakan layer 1 copy sebagai pusat riak air.

Gambar: Filter Zigzag untuk layer 1 copy.


Gambar: Hasil filter zigzag pada layer 1 copy.

8. Perkecil seleksi pada layer 1 copy dengan menggunakan Transform Selection. Pilih menu "Select" kemudian "Transform Selection". Sambil menekan tombol Shift+Alt, klik pada ujung kiri atas kemudian drag ke arah ujung kanan bawah untuk memperkecil ukuran seleksi menjadi sekitar 40-50%. Tekan enter jika sudah selesai mengedit ukuran seleksi.

Gambar: Tekan tombol Shift+Alt kemudian klik pada ujung seleksi dan drag untuk memperkecil ukuran seleksi.

9. Lakukan inversi untuk melakukan seleksi di luar seleksi sekarang dengan cara memilih menu "Select" kemudian "Inverse". Tekan tombol backspace untuk menghapus semua yang ada di tengah seleksi. Tekan Ctrl+D untuk menghapus seleksi.

Gambar: Setelah inversi, tekan tombol backspace untuk menghapus semua di luar pusat seleksi.

10. Gabung Layer teratas dengan layer kedua menjadi satu layer. Klik pada layer teratas kemudian tekan Ctrl+E.

Gambar: Gabung dua layer teratas menjadi satu layer.

11. Tambahkan filter Gaussian Blur untuk menghaluskan riak air. Pilih "Filter", "Blur" kemudian isikan radius 1 pixels. Klik tombol OK.

Gambar: Tambahkan sedikit filter Gaussian Blur untuk memperhalus riak air.

12. Berikut hasilnya:
Efek Air Photoshop

Gambar: Hasil akhir efek air Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar