Efek Radial Blur Menggunakan Photoshop

Efek Radial Blur Menggunakan Photoshop
Adobe Photoshop memiliki banyak filter blur yang bisa diterapkan pada foto. Salah satunya adalah Radial Blur. Dengan Radial Blur kita bisa mengatur besaran blur yang diinginkan, metoda blur yang diinginkan apakah berputar (spin) atau diperbesar (zoom), juga kita bisa menentukan pusat blur dalam foto. Jika besaran blur dianggap terlalu besar atau terlalu kecil, kita bisa mengatur persentase opacitynya. Dengan diterapkannya blur ke foto, maka pusat foto menjadi kurang jelas terlihat. Untuk mengatasi hal itu kita bisa gunakan Gradient Tool. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini saya ambil dari Microsoft Office Image. Berikut ini langkah-langkahnya:





1. Buka foto anda, caranya tekan tombol keyboard Ctrl+O. Di kotak dialog Open, pilih foto anda kemudian klik tombol Open.

Gambar: Buka foto dengan menekan tombol Ctrl+O.

2. Duplikasikan layer Background dengan cara menekan tombol shortcut keyboard Ctlr+J.

Gambar: Cara duplikasi layer, klik layer Background kemudian tekan Ctrl+J.

3. Terapkan Filter Radial Blur. Pastikan Layer 1 disorot warna biru sebagai tanda aktif. Pilih menu "Filter", "Blur", "Radial Blur...". Di kotak dialog Radial Blur, isikan Amount sesuai selera anda. Untuk Blur Method pilih Zoom. Sedangkan Quality pilih Best. Di kotak Blur Center, klik pada posisi mana anda menginginkan menjadi pusat blur. Saya akan mengklik di bagian kiri atas karena menginginkan pusat blur berada pada tubuh peselancar.

Gambar: Kotak dialog Radial Blur.

4. Setelah selesai klik tombol OK. Lihat hasilnya. Jika anda belum puas dengan hasilnya tekan Ctrl+Z untuk membatalkan efek blur. Kemudian ulangi langkah 3 sampai hasilnya memuaskan.

Gambar: Hasil filter Radial Blur dengan pusat blur pada tubuh peselancar.

5. Langkah terakhir adalah mengatur tingkat blur agar tubuh olahragawan bisa terlihat jelas. Pastikan Layer 1 disorot warna biru sebagai tanda aktif. Buat mask di layer 1, caranya klik icon Add Layer Mask yang terletak di bagian bawah palette.

Gambar: Klik icon Add Layer Mask (dilingkari warna biru).

6. Kita akan menerapkan gradient pada tubuh olahragawan agar terlihat jelas. Klik icon Gradient Tool (G) pada icon Toolbox atau tekan tombol G pada keyboard. Di Option Bar yang terletak di bawah menu bar, pilih dari drop down menu pilihan gradient Black, White. Kemudian klik icon Radial Gradient yang terletak di sebelah kanan menu drop down. Selanjutnya klik di bagian bawah tubuh olahragawan kemudian drag keatas sampai batas kepala. Hal ini dilakukan untuk mereduksi efek blur sehingga tubuh peselancar bisa terlihat.

Gambar: Gradient Tool (G).


Gambar: Gradient Tool Option Bar. Pilih Gradient Black, White. Kemudian klik Radial Gradient (dilingkari warna biru).


Gambar: Klik di bagian bawah peselancar kemudian drag ke atas.

7. Berikutnya atur Opacity sesuai keinginan anda, misal 70%, sehingga foto lebih jelas terlihat.

Gambar: Atur Opacity ke level 70%.

Berikut hasil akhirnya:
Efek Radial Blur Menggunakan Photoshop

Gambar: Tutorial Photoshop Penerapan Efek Radial Blur.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar