Membuat Efek Hujan Photoshop

Membuat Efek Hujan Photoshop
Membuat efek hujan pada foto bisa dilakukan dengan memanfaatkan filter blur yang dimiliki Photoshop. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menambah ukuran kanvas foto masing-masing 100 pixel di seluruh sisinya, agar diperoleh efek air hujan yang natural. Langkah selanjutnya, membuat layer baru untuk efek hujan yang akan kita berikan blend mode Screen dan fill dengan warna hitam. Kemudian tambahkan noise, tambahkan blur, tambahkan motion blur dan terakhir, atur jumlah air hujan pada foto menggunakan perintah levels. Arah turunnya hujan bisa kita tentukan dengan mengatur angle pada jendela motion blur. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari National Geographic. Berikut langkah-langkah membuat efek hujan photoshop:





Video: Tutorial Photoshop, membuat efek air hujan.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto Kemudian Tambah Ukuran Kanvas.

Pilih menu File>Open atau shortcut keyboard Ctrl+O untuk membuka foto anda. Gandakan layer dengan menekan tombol Ctrl+J. Pilih menu Image>Canvas Size untuk menambah ukuran kanvas. Pada jendela Canvas Size, isikan width dan height sebesar 100 pixels. Jangan lupa centang checkbox Relative. Klik tombol OK.

Gambar: Buka foto, gandakan layer dan tambah ukuran kanvas.

2. Buat Layer Baru Untuk Efek Hujan.

Pilih menu Layer>New Layer untuk membuat layer baru. Pada jendela New Layer, silahkan isikan nama, atur mode ke Screen dan centang Fill with Screen Neutral Color (Black). Klik tombol OK.

Gambar: Buat layer baru.

3. Tambahkan Noise.

Klik layer Hujan untuk memastikannya aktif. Pilih menu Filter>Noise>Add Noise. Silahkan isikan Amount, pilih Gaussian dan centang Monochromatic. Klik tombol OK.

Gambar: Tambahkan Noise.

4. Tambahkan Blur.

Berikan blur pada layer hujan dengan memilih menu Filter>Blur>Blur.

5. Tambahkan Motion Blur.
Pilih menu Filter>Blur>Motion Blur. Atur arah jatuhnya hujan dengan mengisikan angle serta ukuran air hujan dengan mengisikan Distance. Klik tombol OK.

Gambar: Tambahkan Motion Blur.

6. Atur Jumlah Air Hujan Dengan Levels.

Pilih menu Image>Adjustments>Levels. Silahkan anda geser-geser slider pada Input Levels untuk mengatur jumlah air hujan yang diinginkan. Setelah selesai klik tombol OK.

Gambar: Atur Dengan Levels.

7. Crop Kanvas.

Sambil menekan tombol Ctrl, klik pada thumbnail Layer 1 untuk mengaktifkan seleksi. Akan muncul seleksi mengelilingi foto pada Layer 1. Kemudian crop foto dengan memilih menu Image>Crop.

Gambar: Buat seleksi dengan mengklik thumbnail Layer sambil menekan tombol Ctrl.


Gambar: Crop area seleksi dengan memilih Image>Crop.

Berikut hasilnya:
Membuat Efek Hujan Photoshop

Gambar: Tutorial cara membuat efek hujan photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

1 komentar: