Menggabung Foto Menggunakan Layer Mask di Photoshop

Menggabung Foto Menggunakan Layer Mask di Photoshop
Menggunakan Move Tool (V) dalam Photoshop kita bisa menggabung foto. Cukup meng-klik di salah satu foto kemudian mendrag pada dokumen foto lain, maka kedua foto sudah tergabung. Namun masalah lain timbul karena terdapat batas antara kedua foto. Agar foto terlihat natural kita harus mencampur di area batas antara kedua foto. Untuk mencampur batas antara kedua foto bisa kita gunakan Gradient Tool (G) yang diterapkan menggunakan masking. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini saya ambil dari Microsoft Office Image. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:





1. Pilih menu File>Open untuk membuka kedua file foto yang akan anda gabung atau menekan bersamaan tombol keyboard Ctrl+O. Berikut kedua foto yang akan kita gabung.
Gambar: Foto pertama


Gambar: Foto kedua yang akan kita jadikan background.

2. Gunakan Move Tool untuk memindahkan foto pertama ke dokumen foto kedua. Klik icon Move Tool (V) pada  Toolbox atau tekan tombol V keyboard.

Gambar : Icon Move Tool (V).

3. klik salah satu foto kemudian drag ke arah dokumen foto kedua sehingga kedua foto tergabung. Untuk selanjutnya kita akan bekerja pada dokumen foto gabungan.

Gambar: Pindahkan foto pertama ke foto kedua menggunakan Move Tool (V).

4. Sekarang terdapat dua buah layer yaitu layer 1 dan layer background. Layer 1 merupakan foto yang baru kita pindah. Sedangkan Background merupakan foto yang menjadi background. Untuk mengatur foto yang baru kita pindah, kita bisa menggunakan perintah Free Transform. Pada palette klik layer 1 kemudian pilih pada menubar "Edit", "Free Transform" atau bisa juga dengan menekan pada keyboard tombol Ctrl +T. Akan nampak kotak batas Free Transform di sekitar foto.

Gambar : Kotak Free Transform untuk mengatur foto.

Agar aspek rasio foto tidak berantakan, klik pada sudut kotak Free Transform kemudian drag sambil menekan sombol Shift.

5. Kita lihat pada gambar background posisinya terlalu turun ke bawah. Kita akan menggesernya keatas. Perhatikan pada palette di sebelah kanan layer Background terdapat gambar gembok sebagai tanda ia terkunci tidak bisa diedit. Kita harus membuka kunci layer background karena secara default Photoshop mengunci layer Background tidak bisa diedit. Pada palette double klik layer Background. Akan muncul kotak dialog New Layer dengan nama baru Layer 0. Klik OK. Layer background berubah nama menjadi layer 0. Setelah mengklik Move Tool (V), geser foto layer 0 keatas.

6. Tambahkan Mask ke layer 1. Di palette, klik layer 1 kemudian klik icon Add Layer Mask yang berada di bagian bawah palette.

Gambar: Icon Add Layer Mask di bagian bawah palette.

Pastikan anda mengklik "layer mask" dari layer 1 bukan pada layer 1 itu sendiri.

7. Masih terdapat batas diantara kedua foto. Untuk mencampur kedua foto kita bisa menerapkan gradient ke layer mask dari layer 1. Klik icon Gradient Tool atau tekan tombol G pada keyboard. Kemudian pada option bar pilih dari menu drop down, Gradient Black, White. Terapkan Gradient pada batas antara kedua foto dengan cara mengklik kemudian drag sampai batas yang anda inginkan.

Gambar: Icon Gradient Tool (G) pada icon toolbox.


Gambar: pilih gradient Black, White.


Gambar: Dengan Gradient Tool, klik pada batas antara kedua foto kemudian drag kebawah untuk mencampur batas antara kedua foto.

8. Gabungkan kedua layer menjadi satu. Klik layer 1 kemudian tekan tombol keyboard Ctrl+Shift+Alt+E. Akan muncul layer baru di atas dengan nama Layer 2.

9. Anda bisa menambahkan noise jika menginginkan. Pilih "Filter", "Noise", "Add Noise". Pada kotak dialog Add Noise, Isikan amount noise yang anda inginkan. Pada Distribution pilih Gaussian dan centang Monochromatic.

Gambar : Add Noise.

Berikut hasil dari penggabungan kedua foto:
Menggabung Foto Menggunakan Layer Mask

Gambar: Tutorial Photoshop menggabung dua buah foto.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

8 komentar:

  1. Bagusss,,n mantap
    bgs d lht,sprt fto bnran?

    BalasHapus
  2. langsung ke tkp nih
    thanks ya....

    BalasHapus
  3. Mas, saya sudah coba tapi kok ga bisa ya?
    Gradient nya ga ngaruh..gambarnya tetap ga bisa nge-blend

    BalasHapus
  4. apa layer background sudah di-unlock? double klik layer background agar bisa diedit. namanya akan berubah jadi Layer 0

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat infonya gan..

    bagi yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

    BalasHapus
  6. taofik hidayat3 Desember 2015 20.24

    mantap!!!!! guys

    BalasHapus