Efek Stroke Photoshop pada Teks

Efek Stroke Photoshop pada Teks
Tutorial cara membuat stroke pada teks. Kita bisa mendesain teks yang cukup baik hanya dengan menerapkan Layer Style Stroke secara berulang. Setelah kita terapkan stroke pada teks, kemudian kita konversi layer teks tersebut menjadi smart object. Dengan demikian kita bisa menerapkan kembali style stroke pada smart object tersebut dengan ukuran stroke yang berbeda. Berikut dijelaskan contohnya:





1. Buat Dokumen Baru.

Buat dokumen Photoshop baru dengan memilih menu File>New. Silahkan anda isikan ukuran width dan height kemudian klik tombol OK.

Gambar: Buat dokumen baru.

2. Fill Dokumen Dengan Warna.

Fill kanvas dengan warna yang anda inginkan dengan memilih menu Edit>Fill. Pada dropdown Use, pilih color. Silahkan pilih warna pada Color Picker kemudian klik tombol OK.
Gambar: Fill Dokumen dengan warna.

3. Pilih Horizontal Type Tool.
Untuk membuat tulisan pada kanvas, klik icon Horizontal Type Tool pada Tool Panel. Pada Option bar, silahkan pilih jenis, warna dan ukuran font.

Gambar: Horizontal Type Tool.


Gambar: Option bar.

4. Tuliskan Teks Pada Kanvas.

Klik mouse pada kanvas kemudian tuliskan teks anda.

Gambar: Tuliskan teks pada kanvas.

5. Atur Ukuran dan Posisi Teks Menggunakan Free Transform.

Tekan tombol Ctrl+T untuk memanggil perintah Free Transform. Silahkan klik pada kotak Free Transform yang mengelilingi teks kemudian drag keluar untuk memperbesarnya atau drag ke dalam untuk memperkecil. Tekan tombol Enter jika sudah selesai mengatur.

Gambar: Gunakan Free Transform untuk mengatur ukuran teks.

6. Tambahkan Style Stroke.

Klik layer teks untuk memastikannya aktif. Pilih menu Layer>Layer Style>Stroke. Pada jendela Layer Style isikan Size dan pilih Color yang anda inginkan. Klik tombol OK.

Gambar: Tambahkan style stroke.


Gambar: Hasil penerapan style stroke.

7. Ubah Layer Teks Menjadi Smart Object.

Kita tidak bisa menambahkan stroke yang kedua pada layer teks karena sudah ada stroke yang pertama. Jadi layer teks harus kita ubah terlebih dahulu menjadi Smart Object. Klik layer teks untuk mengaktifkannya kemudian pilih menu Layer>Smart Object>Convert To Smart Object.

Gambar: Konversi menjadi smart object.

8. Tambahkan Kembali Stroke pada layer teks.
Pilih menu Layer>Layer Style>Stroke untuk menambahkan style stroke. Ulangi langkah 7 dan 8 sampai diperoleh efek stroke yang anda inginkan. Berikut hasilnya setelah diberikan style stroke hingga 3 kali:
Efek Stroke Photoshop pada Teks

Gambar: Tutorial membuat Efek Stroke Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

3 komentar:

  1. mas bisa bantu gk?,,kok menu smart objeknya gk ketemu?

    BalasHapus
  2. menu Layer>Smart Objects atau klik kanan di layer pilih Convert to smart object

    BalasHapus
  3. makasih tutorialnya mengenai membuat efek diphotoshop, sangat berguna sekali untuk yang baru mencoba photoshop :)

    BalasHapus