Penggunaan Efek Motion Blur Photoshop

Penggunaan Efek Motion Blur Photoshop
Pada tutorial kali ini akan dijelaskan cara menggunakan efek motion blur untuk menambah artistik sebuah foto. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs Microsoft Office Images. Berikut langkah-langkahnya:





1. Buka foto anda menggunakan Photoshop dengan cara menekan shortcut pada keyboard Ctrl+O. Akan terbuka kotak dialog Open. Setelah memilih foto anda, klik tombol Open.

2. Gandakan layer Background dengan cara menekan tombol Ctrl+J.

3. Pilih warna yang akan anda gunakan untuk mewarnai foto dengan cara mengklik foreground color swatch pada toolbox. Akan mucul kotak dialog color picker. Silahkan anda piih warna yang anda sukai untuk mewarnai foto. Saya akan mengklik pada area langit foto untuk mengambil contoh warna. Setelah selesai memilih warna, klik tombol OK. Kita bisa juga menggunakan filter motion blur untuk membuat efek silky water.

Gambar: Klik pada foreground color swatch.


Gambar Color Picker dengan warna sample dari langit foto.

4. Warnai foto anda dengan warna foreground yang telah dipilih. Klik icon adjustment layer yang terletak di bagian bawah palette. Kemudian pilih menu Hue/Saturation. Pada kotak dialog Hue/Saturation, centang Colorize untuk mewarnai foto sesuai dengan warna foreground yang telah kita pilih.


Gambar: Klik icon Adjusment Layer kemudian Hue/Saturation...


Gambar: Centang checkbox Colorize.


Gambar: Setelah diterapkan Hue Saturation.

5. Kita lihat semua area foto berwarna langit. Kita ingin mengembalikan warna kulit seperti aslinya dengan menggunakan Brush Tool. Oleh karena itu klik Brush Tool pada Toolbox atau tekan huruf B pada keyboard. Jika anda tidak melihatnya, klik kemudian tahan untuk menampilkan Brush Tool (B). Atur ukuran Brush Tool pada Option Bar sesuai dengan foto anda. Kemudian atur opacity menjadi 30%.

Gambar: Brush Tool.


Gambar: Option Bar untuk Brush Tool.

6. Klik pada layer mask Hue/Saturation. Kemudian klik pada bagian kulit manusia pada foto agar warnanya kembali alami.

Gambar: Klik layer mask Hue/Saturation.


Gambar: Klik Brush Tool pada bagian kulit manusia untuk mengembalikan warna aslinya.

7. Terapkan Filter Motion Blur pada Layer 1. Klik Layer 1 untuk mengaktifkannya. Kemudian pilih menu "Filter", "Blur", "Motion Blur...". Saya akan mengisikan angle: -35 derajat sesuai dengan arah gerakan pemain ski dengan dsitance 30 pixels. Anda bisa mengisikan angle sesuai dengan foto anda. Kemudian klik tombol OK.

Gambar: Klik Layer 1.


Gambar: Efek Motion Blur.

8. Tambahkan Masking dengan cara mengklik icon Create Layer Mask yang terletak di bagian bawah palette.

Gambar: Tambahkan Layer Mask pada Layer 1.

9. Kita akan menghilangkan efek blur pada bagian-bagian tertentu pada foto. Tekan huruf D diikuti huruf X untuk mengubah foreground menjadi warna hitam. Kemudian klik Brush Tool. Atur ukuran Brush sesuai foto anda pada option bar. Atur opacity menjadi 100%.

Gambar: Option Bar untuk Brush Tool.

10. Klik pada area foto dimana anda ingin menghilangkan efek blur. Saya akan mengklik pada tubuh manusia.

Gambar: Klik pada area foto yang ingin kita hilangkan efek blur.

11. Terakhir buat Layer untuk noise. Klik pada layer Hue/Saturation kemudian klik icon Create New Layer. Kemudian fill dengan warna putih, caranya tekan tombol Ctrl+Backspace.

Gambar: Tambahkan layer untuk noise.

12. Tambahkan filter noise dengan memilih menu "Filter", "Noise", "Add Noise".

Gambar: Add Noise.

13. Ubah Blend Mode Noise dari normal ke Color Burn. Kemudian atur opacity ke angka sekitar 10-15% tergantung selera anda.

Gambar: Ubah blend mode menjadi color burn dan opacity 10-15%.

Berikut hasilnya:
Penggunaan Efek Motion Blur Photoshop

Gambar: Hasil akhir efek motion blur.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar