Efek Teks Coklat Dengan Photoshop

Efek Teks Coklat Dengan Photoshop
Berikut tutorial mengenai cara membuat efek teks coklat menggunakan Photoshop. Photoshop memiliki banyak pattern-pattern yang bisa diterapkan untuk tulisan, salah satunya pattern waffle. Dengan memberikan warna coklat, maka pattern waffle bisa kita gunakan untuk memberikan sentuhan efek coklat. Untuk menerapkan pattern, sebaiknya dipilih font berukuran lebar sehingga pattern di dalamnya bisa terlihat jelas. Untuk tutorial ini saya akan menggunakan font Cooper Black yang berukuran lebar. Anda bisa memilih font lain tentunya. Sedangkan untuk memberikan Style teks, bisa kita gunakan efek Bevel & Emboss, Texture dan Stroke. Jika pattern waffle tidak terlihat pada pilihan texture pattern, anda harus menambahkannya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:





Video: Tutorial Photoshop, efek tulisan coklat.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buat dokumen baru dalam Photoshop.

Pilih menu File>New untuk membuat dokumen baru. Pada kotak dialog New, isikan nama dokumen anda, isikan resolution 300 kemudian klik tombol OK.

Gambar: Buat dokumen baru.

2. Beri warna background dokumen anda.

Atur warna foreground/background. Kita akan menggunakan Linear Gradient dengan warna Foreground to Background.

Gambar: Klik kotak bagian atas untuk mengubah warna foreground dan kotak dibawahnya untuk mengubah warna background.

Klik kotak foreground. DPada kotak color picker, silahkan pilih warna anda. Saya akan memilih warna coklat tua dengan nilai R:41, G:28, B:0. Selanjutnya klik kotak background. Pada kotak color picker untuk background saya akan memilih warna dengan nilai R:104, G:69, B:43.

Gambar: Color picker untuk foreground.


Gambar: Warna foreground / background sudah diubah.

Selanjutnya kik icon gradient tool. Pada option bar untuk gradient tool pilih foreground to background dan klik icon Linear Gradient. Terapkan gradient ke dokumen, caranya klik dokumen kemudian drag ke arah yang anda inginkan untuk memberinya warna. Saya akan mengklik dari sebelah kiri dokumen kemudian mendrag ke kanan.

Gambar: Icon Gradient Tool. Jika anda tidak menemukan icon gradient tool, klik kanan pada Paint Bucket Tool atau 3D Material Drop Tool untuk menampilkan icon-icon lainnya.


Gambar: Pada option bar pilih foreground to background dan linear gradient (dilingkari biru).


Gambar: Klik kemudian drag untuk menerapkan warna gradient.

3. Tuliskan Teks anda.

Klik icon Horizontal Type Tool  . Pada option bar pilih jenis font Cooper Black dan warna coklat tua dengan nilai R:62, G:31, B:0. kemudian klik dokumen dan mulai ketik teks anda. Setelah selesai mengetik, tekan tombol Ctrl+Enter.

Gambar: Option bar untuk teks.


Gambar: Ketik teks.

Gunakan perintah Free Transform untuk mengatur ukuran teks. Caranya tekan tombol Ctrl+T. Akan terlihat kotak Free Transform mengelilingi teks. Sambil menekan tombol Shift, klik sudut kotak Free Transforms kemudian drag keluar untuk memperbesar ukuran teks atau drag ke dalam untuk memperkecil ukuran teks. Untuk mengatur posisinya, tekan tombol panah keyboard. Setelah puas dengan ukuran dan posisi teks, tekan tombol Ctrl+Enter. Pada layer palette akan terbentuk layer teks dengan nama teks yang anda ketik.

Gambar: Akan terbentuk layer background dan layer teks Coklat.

4. Berikan Style pada teks.

Klik layer teks untuk mengaktifkannya. Kemudian pilih menu Layer>Layer Style>Bevel & Emboss. Pada Bevel & Emboss, isikan size: 10 pixels dan Style: Inner Bevel.

Gambar: Pengaturan untuk Bevel dan Emboss.

Klik Texture di bawah Bevel & Emboss. Klik tanda panah pattern untuk memilih pattern waffle. Jika pattern waffle belum ada, klik pada icon gerigi di sebelah kanan untuk menambahkan pattern. Pada menu pilihan yang muncul, pilih pattern. Akan muncul kotak dialog pertanyaan untuk mereplace pattern. Klik tombol Append untuk menambahkan pattern pada pattern yang sudah ada. Setelah pattern ditambahkan barulah muncul pattern waffle. Isikan scale: 200 dan tick Invert. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar-gambar di bawah.

Gambar: Tambahkan tekstur waffle.


Gambar: Klik Append untuk menambahkan pattern pada pattern yang sudah ada.


Gambar: Pilih pattern Waffle.


Gambar: Pengaturan untuk tekstur.

Berikutnya klik Stroke untuk memberikan efek stroke. Isikan size: 13 pixels, position: outside dan klik kotak color untuk memilih warna stroke yang anda inginkan.

Gambar: Pengaturan untuk Stroke.

Setelah melakukan pengaturan bevel & emboss, tekstur dan stroke maka selesai sudah efek teks coklat kita. Pengaturan di atas hanya contoh. Sesuaikan pengaturan untuk kebutuhan anda. Berikut hasilnya:
Efek Teks Coklat Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Efek Teks Coklat dengan Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar