Mencampur Efek Photoshop dengan Background

Mencampur Efek Photoshop dengan Background
Tutorial mencampur efek photoshop dengan background. Kita bisa memanfaatkan tool Linear Gradient untuk memberikan variasi efek photoshop. Misalnya background merupakan foto asli dan foto diatasnya diberi efek sketsa tangan, maka menggunakan linear gradien kita bisa memberikan efek transisi antara dua foto tersebut. Dimana sebagian dari foto merupakan foto asli dan sebagian lain merupakan efek sketsa. Dan diantara keduanya ada efek transisi secara gradual. Sebelumnya saya telah menulis tutorial cara membuat sketsa tangan dalam Photoshop. Silahkan buka kembali jika anda masih belum tahu cara membuat sketsa tangan.





Berikut akan dijelaskan cara untuk mencampur efek sketsa dengan background sehingga diperoleh efek transisi dari foto asli ke sketsa. Caranya sederhana yaitu dengan membuat layer untuk transisi dan layer untuk sketsa. Dan diantara background yang merupakan foto asli dengan layer transisi kita buat layer baru untuk penerapan gradient. Mari kita mulai dengan mengikuti langkah-langkah dibawah:

Video: Tutorial Photoshop, mencampur 2 efek photoshop.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto anda.

Pilih menu File>Open. Pilih foto anda dari kotak dialog Open kemudian klik tombol Open. Sumber foto diambil dari Microsoft Office Images.

Gambar: Foto yang akan kita berikan efek.

2. Buat layer untuk transisi efek.

Tekan tombol Ctrl+J untuk menggandakan layer Background kemudian ubah blend modenya menjadi Multiply. Untuk mempermudah ubah namanya menjadi transisi. Double klik tulisan background copy kemudian ketik nama baru: transisi dan tekan Enter. Saya akan memberikan efek sketsa hitam putih jadi pilih menu Image>Adjustments>Black and White. Pada kotak dialog Black and White, klik tombol OK. Layer transisi sekarang berwarna hitam putih namun foto nampak berwarna agak gelap karena pengaruh blend mode Multiply.

Gambar: Layer untuk transisi.

3. Buat efek sketsa.

Berikutnya membuat efek sketsa. Klik layer Transisi untuk mengaktifkannya kemudian gandakan dengan menekan tombol Ctrl+J. Double klik nama layer Transisi copy kemudian ganti namanya menjadi sketsa. Tekan tombol Enter. Selanjutnya ubah blend modenya menjadi Color Dodge. Lakukan inversi sketsa, caranya pilih menu Image>Adjustments>Invert. Dan terakhir terapkan filter dengan menu Filter>Other>Minimum. Pada kotak dialog minimum isikan nilai 1 atau 2 pixels dan klik tombol OK.

Gambar: Buat sketsa.

4. Buat gradient.

Gradient akan kita buat diantara layer background dengan transisi. Untuk itu klik layer Background kemudian klik icon Create a New Layer yang berada di bagian bawah panel. Akan terbentuk layer baru diantara layer background dan transisi. Double klik nama Layer1 kemudian ketik gradient dan tekan Enter. Reset warna foreground/ background ke default dengan menekan tombol D. Selanjutnya tekan tombol keyboard Ctrl+backspace untuk mengisinya dengan warna background yaitu warna putih. Sampai disini seharusnya anda sudah melihat efek sketsa dengan warna hitam putih.

Gambar: Gradient.

5. Terapkan gradient.

Dengan posisi layer gradient aktif, klik icon Add Layer Mask di bagian bawah panel. Klik kotak layer mask untuk memastikannya aktif.

Tekan tombol D untuk mereset warna foreground/background ke default. Klik icon Gradient Tool. Atur ke Linear Gradient dan pilih gradient foreground to background pada dropdown gradient. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.

Gambar: Pengaturan untuk Gradient Tool.

Langkah terakhir adalah terapkan gradient tool dengan cara mengklik pada bagian kiri gambar kemudian drag ke arah kanan sampai ke bagian pertengahan, kemudian lepaskan mouse. Anda bisa mendrag sambil menekan tombol Shift untuk menjaga garis gradient tetap lurus.

Gambar: Klik kemudian drag untuk menerapkan gradient.

Setelah melepaskan mouse anda bisa melihat efek transisi dari sketsa ke foto background. Berikut ini hasilnya:
Mencampur Efek Photoshop dengan Background

Gambar: Tutorial Mencampur efek photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar