Trik Membuat Efek Halilintar Dengan Photoshop

Trik Membuat Efek Halilintar Dengan Photoshop
Berikut tutorial mengenai cara membuat efek halilintar dengan Photoshop. Seperti kita ketahui, halilintar merupakan kilatan cahaya berbentuk garis tidak beraturan. Kita bisa mengakali membuat bentuk garis tidak beraturan ini menggunakan gradient yang kita terapkan ke layer yang telah diterapkan filter clouds. Linear gradient jika diterapkan pada sebuah layer tanpa filter, akan membagi dua dokumen tersebut. Sedang jika kita menerapkan linear gradient pada layer yang telah diberi filter clouds, maka akan terbentuk garis tidak beraturan mengikuti bentuk filter clouds tersebut. Setelah didapat bentuk garis tidak beraturan, selanjutnya tinggal diatur menggunakan adjustment.





Langkah berikutnya tentu menambahkan halilintar tersebut ke foto yang kita inginkan. Dengan melakukan seleksi pada seluruh dokumen kemudian pilih copy merge menu edit dan mempastenya ke foto lain. Langkah terakhir adalah mengubah blend mode dari normal menjadi Screen dan mengatur ukuran berikut posisinya pada foto menggunakan perintah Free Transform. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari National Geographic.

Langsung saja kita mulai, ikuti langkah-langkah berikut:
Video: Tutorial Photoshop, efek halilintar.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buat Dokumen baru dalam Photoshop.

Pilih menu File>New atau gunakan shortcut Ctrl+N. Akan terbuka kotak dialog New. Isikan nama dokumen, width: 1000 pixels, height: 1000 pixels, kemudian klik tombol OK.

Gambar: Buat dokumen baru.

2. Buat layer baru.

Klik icon Create a New Layer yang terletak di bagian bawah panel.

Gambar: Buat Layer Baru.

3. Terapkan Filter Clouds.

Tekan huruf D keyboard untuk mereset warna foreground/background ke default yaitu hitam untuk foreground dan putih untuk background. Klik Layer 1 kemudian pilih menu Filter>Render>Clouds. Ubah blend modenya ke Difference.

Gambar: Terapkan Filter Clouds.

4. Terapkan Gradient.

Pastikan warna foreground/background diatur ke default dengan menekan tombol D keyboard. Klik icon Gradient Tool pada Tool Panel. Atur Gradient tool ke Foreground to Background dan Linear Gradient (lihat gambar).

Gambar: Pengaturan untuk gradient tool.

Klik layer Background untuk mengaktifkannya. Kemudian drag pada dokumen dari arah kiri ke kanan. Akan muncul garis tak beraturan seperti halilintar membagi dokumen menjadi dua.

Gambar: Drag mouse dari kiri ke kanan untuk membuat efek halilintar.

5. Buat adjusment layer Invert.

Pilih menu Layer>New Adjustment Layer>Invert atau bisa juga dengan mengklik icon adjustment layer yang terletak di bagian bawah panel, kemudian pilih Invert. Halilintar sekarang akan berwarna putih terang.

Gambar: Invert.

6. Atur Dengan Level.

Klik icon adjustment layer kemudian klik Levels atau bisa pilih menu Layer>New Adjustment Layer>Levels. Pada properti Levels, silahkan drag slider hitam ke kanan dan slider warna putih sedikit ke kiri jika diperlukan. Seharusnya anda telah melihat efek halilintar berwarna putih dan background sekitarnya berwarna hitam. Hingga disini selesai sudah efek halilintar anda. Berikutnya adalah menambahkan halilintar pada foto anda.

Gambar: Geser slider hitam ke kanan.

7. Tambahkan dengan copy merged halilintar ke foto.

Tekan Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh dokumen halilintar. Akan terlihat garis putus-putus mengelilingi dokumen kemudian pilih menu Edit>Copy Merged. Sekarang foto halilintar disimpan dalam clipboard.

Gambar: Tekan Ctrl+A untuk seleksi seluruh dokumen.

Selanjutnya buka foto yang akan anda tambahkan halilintar dengan menekan tombol Ctrl+O. Pada kotak dialog Open silahkan pilih file anda kemudian klik tombol OK. Setelah foto terbuka, tekan tombol Ctrl+V untuk mempaste halilintar ke foto. Gambar halilintar akan muncul pada foto masih dengan latar belakang warna hitam. Pada layer panel terbentuk Layer 1 untuk gambar halilintar yang kita kopikan.

Gambar: Paste gambar halilintar ke foto.

8. Atur ukuran halilintar menggunakan Free Transform.

Klik Layer 1 untuk mengaktifkannya. Ubah blend modenya menjadi Screen. Kemudian tekan Ctrl+T untuk mengatur posisi dan ukuran halilintar. Sambil menekan tombol shift, klik di bagian sudut kotak Free Transform kemudian drag ke dalam untuk memperkecilnya. Tekan enter jika sudah selesai mengedit. Jika ada bagian dari halilintar yang tidak kita inginkan, gunakan brush untuk menghapusnya.

Gambar: Gunakan Free Transform untuk mengatur halilintar pada foto.

9. Tambahkan Filter Gaussian Blur.

Untuk menambah terang cahaya halilintar kita bisa menggunakan Filter Gaussian Blur. Klik Layer 1 kemudian pilih menu Filter>Blur>Gaussian Blur. Pada kotak dialog Gaussian Blur isikan nilai antara 5 sampai 6 pixels. kemduian klik tombol OK.
Gambar: Tambahkan Gaussian Blur.

10. Tambahkan halilintar-halilintar lainnya.

Cara mudah menambahkan halilintar lainnya adalah dengan menggandakan Layer 1. Klik layer 1 kemudian tekan tombol Ctrl+J. Kemudian tekan Ctrl+T untuk memanggil Free Transform. Setelah muncul kotak Free Transform, drag menggunakan mouse untuk memindahkan halilintar ke posisi lain. Anda bisa melakukan rotasi menggunakan mouse tentunya untuk menambah variasi bentuk-bentuk halilintar. Untuk mempertajam cahaya halilintar cukup gandakan layer beberapa kali. Selamat mencoba.

Gambar: Tambahkan halilintar lainnya dengan menggandakan layer halilintar (Layer 1).

Berikut hasil akhirnya:
Trik Membuat Efek Halilintar Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Efek halilintar menggunakan photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

2 komentar:

  1. artikel yang sangat menarik untuk disimak, gaya bahasanya lugas, ringkas dan gampang dicerna, bermanfaat sekali buat pembaca yang memang butuh informasi ini, terima kasih sudah mau berbagi, salam sukses selalu, amin.

    BalasHapus