Efek Multiple Exposure Menggunakan Photoshop

Efek Multiple Exposure Menggunakan Photoshop
Hanya dengan trik sederhana kita bisa membuat efek multiple exposure menggunakan Photoshop. Yaitu memberikan efek perbedaan warna dan cahaya pada bayangan foto potret kita. Jika foto potret yang akan kita edit memiliki background, kita bisa menghilangkannya menggunakan tool seleksi kemudian kita gunakan masking. Untuk mengatur perbedaan warna, kita bisa menggunakan gradient map atau jika ingin lebih mudah bisa menggunakan Hue/Saturation. Curves digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan cahaya. Untuk menerapkan hue/saturation dan curves, sebaiknya digunakan adjustment layer sehingga tidak merusak foto kita. Langkah selanjutnya adalah membuat ketiga layer menjadi satu group, kemudian menggandakan grup tersebut. Setiap grup kita atur nilai hue/saturation masing-masing agar diperoleh warna yang berbeda-beda. Jika ingin cara lebih mudah, anda bisa mencoba efek color bars secara online dengan Lunapic.





Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

Video: Tutorial Photoshop, efek multiple exposure.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto anda.

Gambar: Buka Foto.

Setelah membuka aplikasi Photoshop, pilih menu File>Open. Pada kotak dialog Open, klik file foto anda kemudian klik tombol Open.
Sambil menekan tombol Alt, double klik layer background agar kita bisa mengeditnya. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari Microsoft Office Image.

2. Seleksi Foto.

Gambar: Seleksi background.

Foto contoh tutorial ini kita hanya memerlukan foto wanita dan akan membuang background foto. Kita akan membuangnya dengan melakukan seleksi.

Klik icon Quick Selection Tool, kemudian klik drag di bagian background foto. Untuk menghapus seleksi yang tidak kita inginkan klik di bagian tersebut sambil menekan tombol Alt. Silahkan atur ukuran brush untuk menjangkau bagian-bagian yang sempit. Untuk memperbesar ukuran brush, tekan tombol kurung buka ] dan kurung tutup [ untuk memperkecilnya.

3. Inversi Seleksi.

Gambar: Inversi Seleksi.

Lakukan inversi hasil seleksi kita dengan memilih menu Select>Inverse.

4. Buat Mask

Gambar: Buat Layer Mask.

Kita akan menggunakan layer mask untuk menghilangkan background gambar, jadi tidak perlu menghapusnya. Dengan posisi gambar masih terseleksi, klik icon Add Layer Mask yang terletak di bagian bawah palette. Bagian background foto sekarang sudah hilang.

5. Tambahkan Hue/Saturation.

Gambar: Kotak dialog Hue saturation.


Gambar: Hue/Saturation.

Pilih menu Layer>New Adjustment Layer>Hue/Saturation. Pada kotak dialog New Layer, klik tombol OK. Geser slider Saturation ke posisi -100 agar didapat foto hitam putih.

6. Tambahkan Curves.

Gambar: Curves adjustment dialog.


Gambar: Curves adjustment layer.

Untuk mengatur tingkat kecerahan foto kita akan menambahkan Curves adjustment layer. Pilih menu Layer>New Adjustment Layer>Curves. Pada kotak dialog new layer yang muncul, klik tombol OK. Selanjutnya silahkan atur kurva dengan mengklik kemudian mendrag sehingga diperoleh kecerahan warna foto yang anda inginkan.

7. Kelompokan semua layer menjadi satu grup.

Gambar: Grup Layer.

Kita telah membentuk tiga layer yaitu layer foto, Hue Saturation dan Curves. Untuk mempermudah duplikasi layer, kita akan membuat ketiga layer yang sudah terbentuk menjadi satu grup. Sambil menekan tombol Ctrl, klik pada ketiga layer kemudian tekan tombol Ctrl+G. Secara default akan terbentuk grup dengan nama Group 1.

8. Geser Gambar ke kiri.

Gambar: Geser ke kiri dan ubah blend mode jadi multiply.

Klik icon Move Tool pada Tool Panel, kemudian klik dan drag gambar ke pojok kiri. Ubah blend mode Group 1 menjadi Multiply.

9. Ubah ukuran canvas jika terlalu sempit.

Jika lebar foto terlalu sempit ubah ukuran canvas dengan memilih menu Image>Canvas Size. Isikan kolom width yang anda inginkan kemudian klik tombol OK.

10. Gandakan Group.

Gambar: Gandakan Group.

Gandakan Group 1 dengan menekan tombol Ctrl+J. Secara default terbentuk group baru dengan nama Group 1 copy.

Klik pada panah di sebelah kiri nama Goup 1 copy untuk membuka semua layer pada Group tersebut. Kemudian double klik icon layer Hue/Saturation untuk mengedit hue saturation. Centang checkbox Colorize dan ubah nilai Saturation ke nilai 26 untuk memberikan warna merah dan Lightness ke nilai 40.

Klik icon Move Tool kemudian klik dan drag gambar sedikit ke kanan.

Lakukan langkah ini dengan menggandakan Group hingga terbentuk empat group layer. Untuk Group copy 2, atur saturation menjadi 45. Sedang group copy 3 atur nilai Saturation menjadi 60. Dengan demikian didapat efek exposure dengan warna ke arah kanan semakin merah.

11. Buat layer Kosong untuk latar.

Gambar: Buat layer untuk background.

Klik icon Create new layer yang terletak di bagian bawah panel kemudian drag ke posisi terbawah. Tekan tombol D untuk mereset warna foreground/background ke default. Kemudian tekan tombol Ctrl+backspace untuk mengisinya tersebut dengan warna background yaitu putih. Selesai sudah efek multiple exposure kita. Lihat juga tutorial cara membuat bayangan orang di Photoshop.  Berikut hasilnya:
Efek Multiple Exposure Menggunakan Photoshop

Gambar: Tutorial Efek Multiple Exposure Photoshop.

12. Save Project.

Simpan project anda dengan pilihan menu File>Save. Beri nama kemudian klik tombol Save. Selamat mencoba.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

1 komentar:

  1. terima kasih tutorial nya gan. mudah dimengerti.
    lagi belajar juga buat efek double exposure

    BalasHapus