Cara Membuat Perangko Dengan Photoshop

Cara Membuat Perangko Dengan Photoshop
Seperti kita ketahui, seri perangko yang dikeluarkan oleh Pemerintah selalu menampilkan gambar-gambar menarik. Seperti foto lansekap, foto Pahlawan, desain grafis atau lukisan. Perangko merupakan sebuah karya seni gabungan antara fotografi dan teks dengan maksud tertentu. Kita akan mencoba membuat sebuah desain perangko menggunakan Photoshop. Hanya dengan menggunakan Eraser Tool dan sedikit tambahan Style kita bisa membuat Efek Perangko.





Langkah pertama adalah menambah ukuran kanvas sedikit lebih lebar dari foto. Kemudian membuat background dan menghapus bagian pinggirnya menggunakan Erase Tool agar dihasilkan efek sobekan perangko. Berikan stroke baik untuk foto maupun untuk background. Selanjutnya adalah menuliskan teks untuk informasi nilai perangko dan informasi lainnya seperti nama tempat atau negara menggunakan Horizontal Type Tool. Untuk mengatur teks bisa digunakan Free Transform. Terakhir, kita bisa menambahkan cap pos pada perangko. Langsung saja kita mulai Tutorial cara membuat perangko dengan photoshop:

1. Buka foto anda.

Gambar: Double klik background untuk unlock.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda. Klik foto kemudian klik tombol Open. Setelah foto terbuka, secara default akan terbentuk layer Background dengan gambar kunci. Agar kita bisa mengeditnya, double klik layer Background sambil menekan tombol Alt. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari National Geographic.

2. Tambah Ukuran kanvas.

Gambar: Tambah ukuran kanvas 110%.

Pilih menu Images>Canvas Size. Tambah ukuran kanvas dengan mengisikan pada kolom width: 110 percent dan kolom height 110 percent. Klik tombol OK.

3. Tambahkan Stroke.

Gambar: Tambahkan Stroke.

Untuk membuat batas foto, tambahkan stroke dengan memilih menu Layer>Layer Style>Stroke. Isikan size 2 px dan position Outside.

4. Buat layer Baru untuk Background.

Gambar: Buat Layer Baru.

Sambil menekan tombol Ctrl, klik icon Create New Layer yang terletak di bagian bawah panel (pada gambar dilingkari biru). Tekan huruf D untuk mereset warna foreground/background ke default. Kemudian tekan tombol Ctrl+Backspace untuk mengisinya dengan warna background yaitu warna putih. Kemudian tambahkan stroke dengan memilih menu Layer>Layer Style>Stroke. Isikan size 2 px dan position Outside.

5. Klik Erase Tool.

Gambar: Erase Tool.


Gambar: Window>Brush.

Kita akan menghapus bagian pinggir background yang baru kita buat untuk memberikan efek sobekan perangko. Klik icon Erase Tool. Kemudian pilih menu Window>Brush. Saya akan mengisikan Size:40 dan Spacing 169%. Anda bisa mengatur size sesuai ukuran foto anda.

6. Buat Efek Perangko.

Gambar: Klik di sudut kiri atas.


Gambar: Sambil menekan tombol Shift, klik di sudut kanan atas.

Klik Layer 1 untuk memastikannya aktif. Gunakan eraser Tool dengan mengkliknya di ujung kiri kanvas. Selanjutnya sambil menekan tombol Shift, klik ujung kanan kanvas. Secara otomatis bagian atas kanvas akan terhapus dengan bentuk barisan bulatan dengan ukuran yang sama.

7. Tambah ukuran kanvas 105%.

Gambar: Tambah ukuran kanvas.

Tambah lagi ukuran kanvas. Pilih Image>Canvas Size. Isikan kolom Widht dan Height masing-masing sebesar 105 percent.

8. Tambahkan Teks.

Gambar: Tambahkan Teks.

Klik Horizontal Type Tool. Pada Option bar silahkan anda pilih jenis font, ukuran font dan warna font. Kemudian klik gambar untuk mulai menuliskan teks anda. Gunakan Free Transform untuk mengatur ukuran teks dan posisinya pada gambar. Anda bisa juga mengunakan pilihan Flip Horizontal, Vertical maupun Rotate pada teks anda dengan memilih menu Edit>Transform. Pastikan layer untuk teks berada di posisi teratas agar bisa terlihat.

9. Tambahkan Cap Pos.

Gambar: Tambahkan Cap Pos.

Siapkan foto cap pos anda kemudian pilih File>Place, pilih file cap pos anda kemudian klik tombol Place. Gunakan Free Transfom untuk mengatur ukuran cap pos dan posisinya pada perangko. Atur opacitynya pada layer jika tinta cap pos terlalu tebal. Geser layer cap pos ke posisi teratas agar bisa terlihat.

Selesai sudah efek perangko. Berikut ini hasilnya:
Cara Membuat Perangko Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Cara Membuat Perangko Dengan Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

1 komentar: