Contoh Penggunaan Custom Shape Tool Photoshop

Contoh Penggunaan Custom Shape Tool Photoshop
Custom Shape Tool Photoshop memiliki banyak bentuk obyek menarik yang bisa kita gunakan untuk memanipulasi foto. Salah satunya adalah bentuk puzzle. Ada 4 bentuk puzzle yang bisa kita gunakan. Dengan memberikan Bevel & Emboss dan Drop Shadow, kita bisa membuat efek foto puzzle. Shape Puzzle bisa kita tambahkan dari menu Objects jika puzzle tidak ditemukan pada pengaturan shape default aplikasi Photoshop yang terinstall pada komputer anda. Shape bentuk puzzle yang ditambahkan pada foto, terlebih dahulu diubah menjadi seleksi menggunakan Paths. Kemudian seleksi tersebut kita salin menjadi layer tersendiri. Jika kita menambahkan banyak shape, salin masing-masing shape menjadi layer tersendiri. Untuk pengaturan letak pada foto bisa kita gunakan Free Transform. Terakhir, memberikan style agar diperoleh efek 3D.





Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Foto Anda.

Gambar: Buka foto.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda. Setelah foto terbuka, sambil menekan tombol Alt, double klik layer Background  untuk meng-unlock kunci. Sumber foto  untuk tutorial Photoshop ini diambil dari Microsoft Office Images.

2. Tambahkan Style Bevel & Emboss.

Gambar: Pengaturan Bevel & Emboss.

Tambahkan Style Bevel & Emboss pada Layer 0, caranya pilih menu Layer>Layer Style>Bevel & Emboss. Saya akan mengisikan Depth 105%, Technique Chisel Hard dan Size 3 px. Klik tombol OK.

3. Klik Custom Shape Tool.

Gambar: Custom Shape Tool.


Gambar: Pilih unconstrained.

Klik icon Custom Shape Tool. Pada Option bar, pilih Path, pilih unconstrained dan bentuk Shape yang anda inginkan. Saya akan memilih bentuk Puzzle. Jika shape berbentuk puzzle belum terlihat, klik icon gerigi di sebelah kanan (dilingkari biru). Akan muncul barisan menu. Silahkan pilih Objects. Klik Append pada kotak dialog yang muncul.

4. Buat Shape Pada Foto.

Gambar: Buat Shape.

Sambil menekan tombol Shift, klik kemudian drag untuk membentuk shape puzzle.

5. Ubah Shape Menjadi Seleksi.

Gambar: Ubah shape menjadi seleksi.

Akses Paths dengan memilih menu Window>Paths. Klik icon Load paths as selections yang terletak di bagian bawah Paths panel (dilingkari biru). Shape akan berubah menjadi seleksi berbentuk garis-garis berkedip.

6. Pisahkan Seleksi Menjadi Layer Terpisah.

Gambar: Kopikan seleksi menjadi layer.

Kopikan seleksi menjadi layer tersendiri, caranya tekan tombol keyboard Ctrl+Shift+J. Tekan Ctrl+T untuk memanggil perintah Free Transform. Akan muncul kotak Free Transform mengelilingi puzzle. Klik di bagian dalam kotak Free Transform kemudian drag untuk menggeser puzzle. Untuk merotasi puzzle, arahkan mouse di bagian luar sudut kotak Free Transform kemudian drag mouse sedikit. Tekan tombol Enter jika sudah selesai.

7. Berikan Drop Shadow.

Gambar: Pengaturan Drop Shadow.


Gambar: Tambahkan Style Drop Shadow.

Kita lihat Layer 1 sudah memiliki Style Bevel & Emboss karena digandakan dari layer 0. Jadi kita tinggal menambahkan style drop shadow. Double klik pada thumbnail Layer 1 untuk memunculkan window Style. Klik Drop Shadow kemudian isikan pengaturan sebagai berikut, Opacity 77%, Distance 20 px dan Size 6 px. Klik tombol OK.

8. Tambahkan Shape yang Lain.

Gambar: Tambahkan Shape lain.

Ulangi langkah 3 sampai langkah 7 untuk menambahkan shape yang lain ke dalam foto. Pastikan Layer 0 sebagai layer aktif jika ingin menyalin seleksi menjadi layer. Satu shape akan menjadi sebuah layer.

Berikut ini hasilnya:
Contoh Penggunaan Custom Shape Tool Photoshop

Gambar: Contoh Penggunaan Custom Shape Tool Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

3 komentar:

  1. gan mw tanya, kok bisa ya stiaqp sya masukan bentuk dari shape tool, masuknya ke mnu paths, gak mau gabung di menu layer ya,, mhon jwabannya gan thkxz

    BalasHapus
  2. Klik icon Load Path as selection untuk mengubah path jadi seleksi.

    BalasHapus
  3. langkah2nya jelas bngt, langsung dicoba dan hasilnya mantaabbb...
    sangat bermanfaat,
    :) :)
    semoga sharing2nya bisa terus memperkaya SDM di Indonesia .......
    Terimakasih..

    BalasHapus