Efek Stempel Dengan Photoshop

Efek Stempel Dengan Photoshop
Tutorial kali ini saya akan membuat Efek Stempel Dengan Photoshop. Menggunakan aplikasi pengolah foto Adobe Photoshop, kita bisa membuat desain stempel berbentuk lingkaran. Kunci dari efek stempel adalah penggunaan circular path untuk membantu kita mengatur teks berbentuk melingkar. Langkah pertama, kita membuat seleksi berbentuk lingkaran menggunakan Elliptical Marquee Tool kemudian kita berikan stroke. Langkah selanjutnya membuat circular path di dalam lingkaran untuk membantu kita dalam menuliskan teks. langkah terakhir adalah memberikan efek tinta pecah menggunakan filter brush strokes dan tambahan style outer glow. Langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya berikut:





1. Buat Dokumen Baru.

Gambar: Buat Dokumen Baru.

Pilih menu File>New untuk membuat dokumen baru dalam Photoshop. Saya akan mengisikan Widht:600, Height:600 dan Background Contents: Transparent. Kemudian klik tombol OK.

2. Buat Seleksi Lingkaran Menggunakan Elliptical Marquee Tool.

Gambar: Buat Seleksi lingkaran.

Klik Elliptical Marquee Tool. Pada Option bar, pilih New Selection. Sambil menekan tombol Shift untuk menjaga bentuk lingkaran tetap bulat, klik kemudian drag untuk membentuk lingkaran. Untuk mengatur posisi lingkaran pada kanvas, geser mouse sambil menekan tombol Space bar tanpa melepas tombol Shift. Jika anda melepas tombol Shift, hasil seleksi tidak akan berbentuk lingkaran.

3. Tambahkan Stroke pada Seleksi.

Gambar: Tambahkan Stroke.

Tambahkan stroke untuk mengubah seleksi menjadi lingkaran. Pilih menu Edit>Stroke. Pada kotak dialog Stroke, isikan Widht 10 px, location Inside. Klik kotak Color, pilih warna hitam.

4. Buat Lingkaran kedua.

Gambar: Buat lingkaran kedua.

Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi sebelumnya. Kemudian ulangi langkah ke-2 dan ke-3 untuk membuat lingkaran kedua di bagian dalam lingkaran pertama.

5. Buat Circular Path Untuk Menulis Teks Melingkar.

Gambar: Option Bar untuk Ellipse Tool.


Gambar: Buat Circular Path sedikit di atas lingkaran bagian dalam.

Klik Ellipse Tool. Pada Option bar untuk Ellipse Tool, pilih Path. Sambil menekan tombol Shift, klik dan drag untuk membuat lingkaran Path sedikit di luar lingkaran bagian dalam. Jangan lupa tekan tombol Space Bar untuk menggeser circular path.

6. Tulis Teks.

Gambar: Ketik Teks di dalam circular path.


Gambar: Option Bar untuk Horizontal Type Tool.

Klik Horizontal Type Tool. Saya akan memilih font Arial, Bold, ukuran 65 pt dan alignment: center. Arahkan mouse di bagian atas tengah circular path (lihat gambar dilingkari biru). Klik mouse anda jika anda melihat bentuk kursor berubah. Kemudian ketikan teks anda. Saya akan mengetikan 'PANTAI BIRA'. Tekan Ctrl+Enter jika sudah selesai mengetik.

7. Gandakan Teks.

Gambar: Gandakan Layer teks.

Selanjutnya kita akan membuat teks di bagian bawah lingkaran stempel. Klik layer teks untuk mengaktifkannya kemudian tekan tombol Ctrl+J untuk menggandakannya.

8. Rotasi teks copy 180 derajat.

Gambar: Rotasi layer teks copy 180 derajat.

Klik teks copy kemudian pilih menu Edit>Transform Path>Rotate 180. Sekarang seharusnya teks kopi anda sudah berpindah ke bagian bawah lingkaran.

9. Edit Teks.

Gambar: Edit Teks.

Edit teks di bagian bawah. Saya akan menggantinya menjadi SUL-SEL.

10. Flip Horizontal.

Gambar: Flip Horizontal.

Kita lihat tulisan di bagian bawah masih terbalik. Langkah yang akan kita lakukan adalah melakukan Flip Horizontal. Klik teks copy jika belum aktif, kemudian pilih menu Edit>Transform Path>Flip Horizontal.

11. Atur Gunakan Free Transform.

Gambar: Tekan Ctrl+T untuk menggunakan Free Transform.

Atur posisi teks menggunakan Free Transform. Tekan CTrl+T, terus sambil menekan tombol Alt+Shift, klik di sudut kanan bawah kemudian drag keluar untuk memperbesar kotak circular path. Tekan tombol Enter jika sudah selesai. Jika posisi teks belum pas, gunakan kembali Free Transform.

Gambar: Posisi teks setelah diatur menggunakan Free Transform.

12. Tambahkan Tanggal.

Gambar: Tambahkan Jam, Tanggal.

Gunakan Horizontal Type Tool untuk menambahkan teks di tengah lingkaran. Saya akan mengisikan Jam, tanggal, bulan dan tahun.

13. Gabung Semua layer Jadi Smart Object.

Gambar: Gabung semua layer.

Sambil menekan tombol Shift, klik semua layer yang terbentuk, klik kanan kemudian pilih menu Convert to Smart Object. Untuk mempermudah pekerjaan, saya akan mengganti namanya menjadi cap pos. Jika di kemudian hari anda ingin mengubah pengaturan pada salah satu layer yang telah digabung, double klik pada thumbnail smart object tersebut.

14. Pilih Warna Untuk Stempel.

Gambar: Color Picker.

Kita akan memberi warna untuk stempel. Klik kotak foreground color. Pada window color picker silahkan pilih warna untuk tinta stempel. Saya akan mengisi warna hitam kecoklatan (#3e3634). Anda bisa juga memilih warna biru.

15. Buat Seleksi Mengelilingi Stempel.

Gambar: Buat seleksi mengelilingi Stempel.

Pilih menu Layer>New>Layer. Posisikan layer baru tersebut di atas cap pos. Klik Rectangular Marquee Tool kemudian buat seleksi mengelilingi Stempel.

16. Fill Seleksi.

Gambar: Fill Seleksi.

Fill seleksi yang baru kita buat dengan foreground color, caranya tekan tombol Alt+Delete. Sekarang seluruh area seleksi telah terisi warna hitam kecoklatan.

17. Buat Mask.

Gambar: Buat Mask.

Klik Layer 1 untuk mengaktifkannya. Kemudian klik layer cap pos dan drag ke icon Add Layer Mask (Lihat gambar). Ingat yang aktif Layer 1 tapi yang anda drag ke icon layer mask adalah layer cap pos. Setelah terbentuk mask, anda akan melihat stempel kita telah berubah warna hitam kecoklatan.

Gambar: Hasil Masking.

18. Berikan Filter Brush Strokes.

Untuk memberikan efek tinta stempel yang sedikit pecah-pecah kita bisa menerapkan filter brush. Klik mask Layer 1. Kemudian pilih menu Filter>Filter Galery>Brush Strokes>Spatter. Isikan nilai Spray radius:2 dan Smoothness:1. Klik tombol OK.

19. Berikan Style Outer Glow.

Gambar: Pengaturan Outer Glow.

Langkah terakhir adalah memberikan style Outer Glow. Pilih menu Layer>Layer Style>Outer Glow. Isikan pengaturan sebagai berikut: Blend Mode Normal, Opacity 40%, warna diisi sesuai warna stempel yang anda pilih, size 3 px dan Range 100%. Klik tombol OK.

Selesai sudah efek stempel. Berikut ini hasilnya:
Efek Stempel Dengan Photoshop
Gambar: Tutrial efek stempel dengan photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

6 komentar:

  1. Keren tapi kurang seperti stempel mas, hasilnya stempel tuh agak gak jelas tulisannya!

    BalasHapus
  2. mana efek stempelnya?!
    kayak gambr biasa....

    BalasHapus
  3. Frans Collombus18 Maret 2014 16.00

    mohon pencerahan, sy g paham caranya buat mask layer, yg harus d Drag.. Tolong di perjelas.. Makasih..

    BalasHapus
  4. 1. Klik layer 1 untuk memastikannya sebagai layer aktif.
    2. Klik kemudian drag layer cap pos ke icon Add layer mask (icon di sebelah kanan icon fx). Semoga membantu.

    BalasHapus