Efek Silky Water Menggunakan Photoshop

Efek Silky Water Menggunakan Photoshop
Dalam mengambil foto aliran air, seorang fotografer biasa menggunakan efek motion blur untuk membuat efek silky water. Sebuah efek dimana aliran air terlihat halus seperti sutra. Semakin lama exposure akan semakin besar blur yang dihasilkan. Demikian juga untuk menghasilkan efek silky water menggunakan Photoshop, ide dasarnya adalah menggunakan filter motion blur untuk memberikan blur pada aliran air. Jika aliran air memiliki arah yang sama, akan mudah memberikan blur. Tetapi jika aliran air memiliki arah berbeda, maka kita harus melakukan seleksi di bagian-bagian kecil aliran air. Sehingga kita bisa memberikan filter motion blur dengan lebih akurat. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs www.morguefile.com. Berikut langkah-langkahnya:





1. Buat Seleksi Secara Garis Besar Pada Air.

Setelah membuka foto anda menggunakan menu File>Open, buat seleksi di area aliran air menggunakan Polygonal Lasso Tool (L). Klik icon Polygonal Lasso Tool. Pada Option Bar, klik icon New Selection dan isikan feather 10 pixels. Buat seleksi secara garis besar di aliran air. Pastikan titik akhir seleksi yang kita buat bertemu titik awal seleksi. Tidak perlu kuatir dengan batas antara air dengan bebatuan, karena akan kita bersihkan menggunakan Eraser Tool.

Gambar: Polygonal Lasso Tool.


Gambar: Option Bar untuk Polygonal Lasso Tool.


Gambar: Seleksi Menggunakan Polygonal Lasso Tool.

2. Ubah Seleksi Menjadi Layer.

Setelah titik akhir seleksi yang kita buat bertemu titik awal seleksi, maka seleksi akan berubah menjadi garis putus-putus. Ubah seleksi ini menjadi layer terpisah, caranya tekan tombol Ctrl+J. Klik Layer 1 untuk memastikannya aktif.

Gambar: Hasil seleksi menggunakan Polygonal Lasso Tool.


Gambar: Tekan Ctrl+J untuk mengubah seleksi menjadi layer terpisah.

3. Terapkan Motion Blur.

Langkah selanjutnya adalah memberikan filter motion blur ke air terjun. Karena seleksi hilang setelah membuat Layer 1, tampilkan kembali seleksi, caranya tekan Ctrl+Klik di thumbnail Layer 1. Pilih menu Filter>Blur>Motion Blur. Akan muncul kotak dialog Motion Blur. Isikan derajat sudut/Angle sesuai arah aliran air, centang checkbox preview dan isikan pixels distance yang anda inginkan. Saya akan mengisikan Angle 90 derajat dan distance 40 pixels. Klik tombol OK.

Gambar: Ctrl+Klik untuk memanggil kembali seleksi.


Gambar: Terapkan Motion Blur.

4. Rapihkan Menggunakan Erase Tool.
Hapus motion blur di area-area yang tidak diinginkan seperti bebatuan. Klik icon Erase Tool. Atur opacitynya di option bar. Saya akan mengisikan opacity 80%. Atur ukuran brush menggunakan tombol keyboard kurung buka [ untuk memperkecil dan kurung tutup ] untuk memperbesar. Sapukan mouse (klik kemudian drag) di bagian-bagian yang ingin anda hilangkan blur-nya.

Gambar: Eraser Tool.


Gambar: Eraser Tool Option Bar.


Gambar: Hapus blur yang tidak diinginkan menggunakan Erase Tool.

5. Gunakan Warp Transform (Opsional).

Jika ada arah aliran air yang berkelok, kita bisa menggunakan fungsi Warp. Pilih menu Edit>Transform>Warp. Gunakan mouse untuk mengatur arah kelokan air. Tekan tombol Enter jika sudah selesai mengedit.

Gambar: Gunakan Warp Transform.

6. Rapihkan Menggunakan Liquify.

Langkah terakhir adalah merapihkan bagian-bagian tertentu agar terlihat alami menggunakan menu Filter>Liquify. Akan muncul window Liquify. Klik icon Forward Warp Tool (W) yang terletak di kiri atas window Liquify. Silahkan atur Brush size dan Brush pressure sesuai kebutuhan anda. Kemudian klik dan drag di bagian-bagian tertentu aliran air agar terlihat lebih natural. Setelah selesai klik tombol OK.

Gambar: Filter Liquify.

Simpan project, pilih File>Save, beri nama kemudian klik tombol Save. Berikut hasilnya:
Efek Silky Water Menggunakan Photoshop
Gambar: Tutorial Efek Silky Water Menggunakan Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

1 komentar: