Membuat Efek Ukiran Kayu Photoshop

Membuat Efek Ukiran Kayu Photoshop
Berikut tutorial membuat efek ukiran kayu photoshop. Untuk membuat efek ini intinya adalah membuat seleksi foto potret kita kemudian mengisi seleksi menggunakan warna hitam dengan blend mode softlight agar warna menyatu dengan warna kayu. Sedangkan untuk efek pahatan bisa digunakan Bevel & Emboss. Untuk mempermudah seleksi potret, akan kita gunakan seleksi menggunakan channel. Jadi foto potret kita ubah terlebih dahulu menjadi hitam putih dan diterapkan filter sketch>photocopy. Dengan cara ini channel akan mudah membaca garis-garis hitam putih dalam potret untuk diubah menjadi seleksi. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs Microsoft Office Images. Sedangkan sumber foto tekstur diambil dari situs cgtextures. Langsung saja silahkan ikuti tutorial berikut:





Video: Tutorial Photoshop, efek pahatan kayu.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Download Gambar Tekstur Kayu.

Silahkan download gambar tekstur kayu yang anda sukai di situs http://cgtextures.com/. Anda harus menjadi member terlebih dahulu. Tidak perlu takut menjadi member karena gratis, dengan kuota download 15MB per 24 jam.

Gambar: Tekstur kayu.

2. Seleksi Gambar Utama.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto potret yang ingin anda ubah menjadi efek pahatan kayu kemudian lakukan seleksi menggunakan selection tool favorit anda. Untuk tutorial ini saya akan menggunakan Quick Selection Tool. Klik icon Quick Selection Tool pada Tool Panel kemudian klik dan drag di daerah background foto. Quick Selection Tool bekerja berdasarkan kesamaan warna jadi akan lebih mudah jika melakukan seleksi background. Setelah background terseleksi, lakukan inversi seleksi dengan memilih menu Select>Inverse atau menekan shortcut keyboard Shift+Ctrl+I.

Gambar: Quick Selection Tool.


Gambar: Klik kemudian drag di daerah background foto.


Gambar: Inversi seleksi. Pilih menu Select>Inverse atau shortcut Shift+Ctrl+I.

3. Pindahkan Foto Potret Ke Tekstur Kayu.

Klik icon Move Tool atau bisa dengan menekan tombol keyboard V. Klik foto potret di bagian dalam seleksi kemudian drag ke arah foto tekstur kayu. Sekarang foto potret anda sudah pindah pada foto tekstur kayu. Klik kemudian drag untuk mengatur posisinya pada kanvas.

Gambar: Pindahkan potret ke tekstur kayu.


Gambar: Potret sudah pindah.

4. Desaturasi Warna potret.

Hilangkan warna foto potret dengan memilih menu Image>Adjustments>Desaturate.

Gambar: Hilangkan warna potret menggunakan desaturate.

5. Terapkan Filter Photocopy.

Langkah selanjutnya adalah menerapkan filter Sketch>Photocopy. Sebelumnya reset terlebih dahulu warna foreground/background ke default dengan menekan tombol keyboard D. Kemudian pilih menu Filter>Filter Gallery, dan pilih Sketch>Photocopy. Saya akan mengisikan Detail:15 dan Darkness:19. Atur angka ini disesuaikan dengan foto anda. Klik tombol OK.

Gambar: Reset warna foreground/background ke default.


Gambar: Filter Photocopy.


Gambar: Hasil filter photocopy.

6. Bersihkan Area Kulit Menggunakan Pencil Tool.

Kita lihat bagian wajah dan leher nampak hitam. Bersihkan warna hitam menggunakan Pencil Tool. Klik icon Pencil Tool pada Tool Panel. Pastikan foreground berwarna putih. Swap warna foreground/background dengan menekan tombol keyboard X. Kemudian sapukan mouse di bagian wajah dan leher untuk membersihkannya.

Gambar: Pencil Tool.


Gambar: Atur foreground ke warna putih.


Gambar: Sapukan mouse di wajah dan leher.

7. Ubah Foto Potret Menjadi Seleksi.

Langkah selanjutnya mengubah potret menjadi seleksi. Hilangkan visibility option layer Background dengan cara mengklik icon mata yang terletak di sebelah kiri. Klik tab channel dan klik icon Load channel as selection yang terletak di bagian bawah layer panel (lihat gambar). Sekarang telah terbentuk seleksi foto potret kita. Klik kembali tab layer. Aktifkan visibility options layer background dan sembunyikan visibility options layer 1.

Gambar: Hidden layer background/tekstur kayu.


Gambar: Buat Seleksi.


Gambar: hasil seleksi.

8. Fill Seleksi Dengan Warna Hitam.

Seleksi yang telah kita buat akan kita fill dengan warna hitam pada sebuah layer baru. Klik icon create new layer. Pastikan warna foreground berwarna hitam dengan menekan tombol D. Kemudian tekan tombol Alt+backspace untuk mengisi seleksi dengan warna hitam. Ubah blend mode ke softlight dan tekan tombol Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

Gambar: Buat Layer Baru.


Gambar: blend mode softlight.

9. Tambahkan Bevel & Emboss.

Tambahkan Bevel & Emboss, caranya tekan icon fx yang terletak di bagian bawah layer panel kemudian pilih Bevel & Emboss. Silahkan isikan pengaturan Bevel & Emboss dan Contour sesuai gambar dibawah. Kemudian klik tombol OK.

Gambar: Tambahkan Bevel & Emboss.


Gambar: Pengaturan Bevel & Emboss.


Gambar: Pengaturan untuk Contour.

10. Tambahkan Teks Jika Perlu.

Klik icon Vertical Type Tool pada Tool panel. Pilih jenis font dan warna hitam pada option bar. Klik kanvas dan ketik teks yang anda inginkan. Tekan Ctrl+Enter jika sudah selesai mengetik. Gunakan Free Transform untuk mengatur posisi dan ukuran teks pada dokumen dengan menekan tombol Ctrl+T. Akan terlihat kotak Free Transform mengelilingi teks. Klik kotak Free Transform dan drag keluar untuk mengubah ukurannya. Klik bagian dalam Free Transfrom kemudian drag untuk memindahkan posisinya pada kanvas. Tekan Enter jika sudah selesai mengatur. Ubah blend mode layer teks dari normal ke Softlight. Terakhir terapkan Bevel & Emboss dengan pengaturan seperti di bawah.

Gambar: Vertical Type Tool.


Gambar: Option Bar untuk Jenis font.


Gambar: Ketik teks.


Gambar: Pengaturan Bevel & Emboss untuk Teks.

Berikut ini hasil akhirnya:
Membuat Efek Ukiran Kayu Photoshop

Gambar: Tutorial Efek Ukiran Kayu Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

9 komentar:

  1. kren bos pegn coba

    BalasHapus
  2. mantep nie gan tutorialnya, kalo boleh reques bisa buatin tutorial
    untuk buat ukiran bali di shotoshop?
    heheheh kalo ada

    BalasHapus
  3. waduh ukiran bali cukup menantang juga :)

    BalasHapus
  4. Ukiran yang mudah di ingat kira-kira yang bagaimana ya gan? lagi cari inspirasi nih

    BalasHapus