Tutorial Menggunakan Pen Tool Photoshop

Tutorial Menggunakan Pen Tool Photoshop
Berikut tutorial menggunakan Pen Tool Photoshop. Cara pertama, menggunakan Pen Tool, klik kanvas untuk membuat anchor point. Kemudian buat anchor point kedua dengan cara mengklik kanvas dan drag mouse tanpa melepaskan mouse. Dengan cara ini akan terbentuk dua anchor point dan sebuah garis tangent. Garis tangent ini akan mempengaruhi anchor point berikutnya yang akan anda buat. Bagi sebagian orang ini merupakan cara cepat menggunakan Pen Tool. Ada cara kedua menggunakan Pen Tool yang akan dijelaskan berikut ini. Sumber feature image untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs www.morguefile.com. Jika anda masih bingung dengan cara diatas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:





1. Buat Dokumen Baru.

Untuk tutorial penggunaan Pen Tool ini kita akan membuat dokumen baru. Pilih menu File>Open, beri nama dokumen kemudian klik tombol OK.

Gambar: Buat Dokumen Baru.

2. Klik Icon Pen Tool Pada Tool Panel.

Selanjutnya klik icon Pen Tool (P) pada Tool panel. Jika anda tidak menemukan Pen Tool, klik kanan icon diatas icon Text (T) untuk menampilkan icon-icon lainnya.

Gambar: Pen Tool.

3. Pilih Path Pada Option Bar.

Kita akan membuat path jadi pilih Path pada option bar.

Gambar: Pilih Path.

4. Buat Dua Anchor Point.

Klik kanvas dua kali seperti pada gambar untuk membuat garis lurus. Setiap kali anda mengklik, anda membuat sebuah anchor point. Pada gambar, kita membuat dua anchor point.

Gambar: Buat dua Anchor point.

5. Geser Path.

Jika ingin menggeser path yang sudah kita buat, klik icon Path Selection Tool (A) kemudian klik dan drag path ke arah yang kita inginkan.

Gambar: Geser Path.

6. Buat Garis Lurus.

Kita bisa membuat garis lurus, caranya klik sambil menekan tombol Shift. Sekarang buat anchor point ketiga. Sambil menekan tombol Shift, klik kanvas untuk membentuk garis lurus.

Gambar: Buat Garis Lurus.

7. Delete Anchor point.

Untuk menghapus anchor point yang telah kita buat, klik kanan icon Pen Tool pada Tool panel untuk menampilkan icon-icon lainnya. Klik Delete Anchor Point Tool. Untuk menghapus anchor point, klik ujung anchor point maka anchor point tersebut akan terhapus.

Gambar: Delete Anchor Point.


Gambar: Klik ujung anchor point untuk delete.


Gambar: Setelah delete.

8. Convert Point Tool.

Untuk memodifikasi path menjadi bentuk kurva kita bisa menggunakan Convert Point Tool. Klik kanan icon Pen Tool kemudian klik Convert Point Tool. Klik salah satu anchor point kemudian gerakan mouse ke arah tertentu. Anchor point akan berubah menjadi bentuk kurva. Dan anda akan melihat sebuah garis bantu yang dinamakan garis Tangent.

Gambar: Convert Point Tool.


Gambar: Tangent Line.

9. Geser Anchor Point.

Untuk menggeser anchor point, sambil menekan tombol Ctrl, klik Anchor point kemudian drag. Anda akan melihat anchor point bergeser dan bentuk kurva berubah.

Gambar: Geser Anchor Point.

10. Drag Tangent.

Sekarang coba klik ujung garis tangent kemudian drag ke arah tertentu. Ini akan memotong garis tangent menjadi dua dan mengubah bentuk kurva.
Tutorial Menggunakan Pen Tool Photoshop

Gambar: Drag Tangent.

Sekian penjelasan Tutorial dasar menggunakan Pen Tool. Anda bisa menggunakan cara pertama atau cara kedua tergantung kebiasaan dan kemahiran anda.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

15 komentar:

  1. Masih kurang ngerti gimana cara mengatur kurvanya agar sesuai keinginan.. X_x

    BalasHapus
  2. seleksi pake pen tool susahnya saat bikin lengkung. saya jg blum ahli, butuh latihan

    BalasHapus
  3. Bingung kalo make cs6. cs1 bs bwt kurva-nya. cs6 nggak mudeng. >_<

    BalasHapus
  4. terkadang garisnya putus2, itu gmana ? saya pakek cs 2..

    BalasHapus
  5. Lengkunganya/kurvanya selalu berubah ubah setiap buat titik...jadi klo buat gambar g pernah mpe selesai...,saya pake potoshop 7

    BalasHapus
  6. pake cara yang biasa aja, untuk membuat lengkungan, klik terus drag.

    BalasHapus
  7. toko kaos film7 Mei 2015 20.20

    infonya sangat membantu

    BalasHapus
  8. Makasih atas tutorialnya gan...

    Bagi yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Desain Grafis

    BalasHapus
  9. kagak nyambung perintah ma praktek

    BalasHapus
  10. Makasih penjelasannya Gan, sangat membantu ..

    BalasHapus
  11. terima kasih semoga bermanfaat

    BalasHapus