Cara Membuat Efek Lampu Neon di Photoshop

Cara Membuat Efek Lampu Neon di Photoshop
Efek lampu neon bisa dibuat dengan menghapus bagian dalam dari teks yang kita tulis. Caranya, buat seleksi pada tulisan dan menerapkan kontraksi seleksi kemudian menghapusnya. Untuk efek cahaya lampu bisa kita gunakan style outer glow, inner glow dan drop shadow. Untuk efek cahaya lampu, sebaiknya pilih warna-warna terang mencolok seperti merah atau biru. Terakhir kita tambahkan efek pantulan cahaya dinding di belakang lampu neon dengan cara menyapukan brush ke lampu neon dan mengubah blend mode dari normal menjadi Color Dodge. Sumber foto tekstur yang digunakan pada tutorial Photoshop ini diambil dari situs freestocktextures. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:





Video: Tutorial Photoshop, efek lampu neon.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto Tekstur Dinding.

Buka foto yang akan anda tambahkan efek lampu neon, pilih menu File>Open. Saya akan menggunakan foto tekstur dinding batu bata.

Gambar: Buka foto tekstur dinding.

2. Gandakan Layer.

Gandakan layer Background, tekan tombol Ctrl+J atau dengan memilih menu Layer>New>Layer via copy. Kita akan mengedit layer duplikat agar foto asli tidak rusak.

Gambar: Gandakan Layer.

3. Buat Dinding Menjadi Lebih Gelap Menggunakan Level.

Agar efek lampu neon terlihat lebih baik, saya akan membuat dinding menjadi lebih gelap menggunakan adjusment levels. Klik icon adjustment levels atau bisa juga memilih menu Layer>New Adjustment Layer>Levels. Kemudian di panel properties, silahkan anda geser-geser slider agar diperoleh efek malam/gelap.

Gambar: Klik icon Levels adjustment layer.


Gambar: Geser slider level untuk memberi efek gelap/malam hari.

4. Pilih Horizontal Type Tool.

Langkah selanjutnya adalah menuliskan teks pada dinding menggunakan Horizontal Type Tool. Pada Tool panel, klik icon Horizontal Type Tool kemudian pilih jenis, ukuran dan warna font pada option bar.

Gambar: Icon Horizontal Type Tool.


Gambar: Font Option Bar.

5. Ketik Teks Anda Pada Dokumen.

Klik mouse pada dokumen kemudian ketik teks anda. Tekan Ctrl+Enter jika sudah selesai mengetikkan teks. Atur ukuran dan posisi teks pada dokumen dengan menggunakan Free Transform. Tekan tombol Ctrl+T untuk memanggil perintah Free Transform. Sambil menekan tombol Shift, klik pada ujung kotak free transform dan drag keluar untuk memperbesar atau drag ke dalam untuk memperkecil.

Gambar: Ketik teks dan atur menggunakan Free Transfom.

6. Rasterize Kemudian Buat Seleksi Teks.

Aktifkan layer teks, pilih menu Type>Rasterize Type Layer untuk mengubahnya menjadi raster. Selanjutnya buat seleksi mengelilingi teks, caranya klik thumbnail layer teks sambil menekan tombol Ctrl. Akan terlihat garis putus-putus mengelilingi teks.

Gambar: Rasterize layer kemudian seleksi teks dengan mengklik thumbnail layer teks sambil menekan tombol Ctrl.

7. Hapus Bagian Tengah Teks.

Buat efek lampu neon dengan cara menghapus bagian tengah teks. Setelah membuat seleksi mengelilingi teks, pilih menu Select>Modify>Contract. Kemudian isikan nilai kontraksi yang sesuai. Saya akan mengisikan nilai 22 pixels kemudian mengklik tombol OK. Seleksi akan menciut kedalam sebanyak nilai pixels yang kita isikan. Kemudian tekan tombol Delete untuk menghapus bagian dalam teks. Sekarang anda telah memiliki lampu neon. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

Gambar: Select>Modify>Contract.


Gambar: Tekan Delete.

8. Tambahkan Style Glow dan Shadow Pada Tulisan.

Langkah selanjutnya adalah membuat lampu neon kita menyala dengan menambahkan style Outer Glow, Inner Glow dan Drop Shadow. Silahkan pilih menu Layer>Layer Style>Outer Glow dan isikan pengaturan seperti di bawah. Anda bisa menyesuaikan pengaturan di bawah tergantung foto anda. Tekan tombol OK jika sudah selesai.

Gambar: Pengaturan style outer glow.


Gambar: Pengaturan style drop shadow.


Gambar: Pengaturan style Inner Glow.

9. Tambahkan Efek Pantulan Cahaya Dinding.

Kita akan menambahkan sedikit efek pantulan cahaya dinding di belakang lampu neon. Buat layer baru dengan mengklik icon Create a new layer. Kemudian drag layer baru tersebut ke posisi di bawah layer teks.

Buat seleksi pada tulisan dengan mengklik thumbnail layer teks sambil menekan tombol Ctrl. Selanjutnya pilih menu Select>Modify>Expand. Saya akan mengisikan nilai 170 pixels. Klik tombol OK.

Agar efek pantulan cahaya lebih natural pilih menu Select>Refine Edge. Silahkan isi nilai feather disesuaikan dengan foto anda. Saya akan mengisikan feather 50 pixels. Klik tombol OK.

Klik icon Brush Tool di Tool panel kemudian pilih soft brush pada option bar. Pilih foreground color sesuai dengan warna teks anda. Pada contoh ini saya akan memilih warna putih. Kemudian sapukan brush pada area seleksi. Hilangkan seleksi dengan menekan tombol Ctrl+D. Sekarang area seleksi berwarna putih.

Langkah terakhir, ubah blend mode dari normal menjadi Color Dodge dan atur opacity ke 35%. Sampai disini sudah selesai efek lampu neon kita.

Gambar: Buat layer baru di bawah layer teks.


Gambar: Aktifkan kembali seleksi dengan mengklik thumbnail layer teks sambil menekan tombol Ctrl.


Gambar: Pilih menu Select>Modify>Expand Seleksi.


Gambar: Gunakan Refine edge dengan mengatur Feather.


Gambar: Klik Brush Tool.


Gambar: Pilih soft brush.


Gambar: Atur foreground ke warna teks kita (putih).

Gambar: Sapukan Brush pada area seleksi.


Gambar: Ubah blend mode ke color dodge dan atur opacity.

Berikut ini efek yang dihasilkan:

Cara Membuat Efek Lampu Neon
Gambar: Tutorial Membuat efek lampu neon photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

5 komentar:

  1. Thanks gan,tutornya mudah di pahami..lagi belajar desain

    BalasHapus
  2. thanks broo.. sangat bermanfaat,
    di tunggu update lainnya..

    BalasHapus
  3. saya mau nanya dong kalo tanpa tekstur batu bata bisa ga??

    BalasHapus
  4. ya bisa tekstur bebas, tanpa tekstur juga bisa

    BalasHapus