Efek Embun Dengan Photoshop

Efek Embun Dengan Photoshop
Cara membuat efek embun di Photoshop bisa dilakukan menggunakan Elliptical Marquee Tool. style drop shadow dan inner shadow ditambahkan untuk memberikan efek embun cembung. Agar warna embun terlihat bening menyatu dengan warna daun, bisa digunakan blend mode overlay. Efek pantulan cahaya embun bisa dibuat menggunakan brush tool. Sebaiknya embun dan efek pantulan cahaya dibuat dalam layer terpisah. Untuk mempermudah pekerjaan, kedua layer tersebut bisa kita gabung dalam satu grup. Dengan cara seperti ini, kita bisa menggandakan grup tersebut untuk untuk membuat embun-embun lainnya. Terakhir, jika kita masih ingin membuat bentuk embun yang lebih realistis, kita bisa menggunakan filter liquify karena memiliki keleluasaan dalam membentuk embun sesuai keinginan kita. Sumber foto daun untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs cgtextures.com. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:





Video: Tutorial Photoshop, efek water drop.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto.

Buka aplikasi Photoshop kemudian pilih menu File>Open untuk membuka foto anda. Saya akan menggunakan foto daun untuk membuat efek embun ini.

Gambar: Foto daun untuk efek embun.

2. Buat Layer Baru Untuk Tetesan Embun.

Buat layer baru dengan mengklik icon Create a new layer yang terletak di bagian bawah layer panel.

Gambar: Icon Create a new layer.

3. Buat Seleksi Berbentuk Lingkaran.

Kita akan gunakan tool seleksi Elliptical Marquee Tool. Klik icon Elliptical Marquee Tool. Klik Layer 1 untuk mengaktifkannya. Kemudian sambil menekan tombol Shift, klik kemudian drag pada daun untuk membuat seleksi berbentuk lingkaran.

Gambar: Elliptical Marquee Tool.


Gambar: Buat seleksi pada daun.

4. Terapkan Gradient Tool.

Untuk membuat arah bayangan pada tetesan embun bisa menggunakan Gradient Tool. Tekan tombol D untuk mereset warna forefround/background ke default kemudian klik icon Gradient tool di Tool panel. Pada option bar untuk Gradient Tool, pilih foreground to background dan Linear Gradient. Selanjutnya klik dari arah atas dan drag ke bawah pada seleksi lingkaran yang telah kita buat.

Gambar: Tekan tombol D untuk mereset foreground background.


Gambar: Gradient Tool.


Gambar: Option Bar untuk Gradient Tool.


Gambar: Klik kemudian drag untuk menerapkan gradient.

5. Tambahkan Drop Shadow dan Inner Shadow.

Langkah berikutnya menerapkan Style Drop Shadow dan Inner Shadow pada lingkaran embun kita. Pilih menu Layer>Layer Style>Drop Shadow. Silahkan anda isi pengaturan Drop Shadow sesuai keinginan atau bisa mengikuti seperti pengaturan di bawah. Selesai dengan Drop Shadow, centang check box Inner Shadow dan isikan pengaturannya seperti gambar di bawah. Klik OK jika sudah selesai.

Gambar: Pengaturan Drop Shadow.


Gambar: Pengaturan untuk Inner Shadow.

6. Ubah Blend Mode ke Overlay.

Ubah blend mode layer tetes embun dari normal ke overlay agar warnanya menyatu dengan daun.

Gambar: Blend Mode Overlay.

7. Tambahkan Pantulan Cahaya pada Embun.

Buat layer baru untuk memberikan efek pantulan cahaya embun, caranya klik icon Create a new layer di bagian bawah layer panel. Langkah selanjutnya pilih Brush Tool dan isikan ukuran serta hardness sesuai gambar di bawah. Ukuran brush bisa anda sesuaikan tergantung ukuran tetesan embun anda. Tekan tombol X untuk menswap warna foreground /background. Pastikan warna foreground berwarna putih dan aktifkan Layer 2 dengan mengkliknya, kemudian klik pada tetesan embun untuk membuat efek pantulan cahaya. Silahkan lihat gambar.

Gambar: Buat Layer Baru di atas layer water drop.


Gambar: Pilih Brush Tool.


Gambar: Option Bar untuk Brush.


Gambar: Ubah warna foreground menjadi putih.


Gambar: Klik untuk membuat pantulan cahaya.

8. Buat Layer Group.

Gabung Layer 1 (tetes embun) dan Layer 2 (pantulan cahaya) menjadi satu grup. Tujuannya agar kita bisa menduplikasi jika ingin membuat embun-embun yang lain. Sambil menekan tombol Ctrl, klik kedua layer kemudian pilih menu Layer>Group Layer atau tekan shortcut Ctrl+G. Sekarang kedua layer terlihat inden ke kanan sebagai tanda tergabung dalam satu grup.

Gambar: Sambil menekan tombol Ctrl, klik kedua layer.


Gambar: Layer 2 dan Layer 1 kini menjadi satu grup.

9. Gandakan Grup Untuk Membuat Tetes Embun Lainnya.

Klik Group 1 untuk mengaktifkannya kemudian tekan tombol Ctrl+J. Akan muncul grup salinan dengan nama Group 1 copy. Klik pada Group 1 copy kemudian klik icon Move Tool pada Tool panel atau tekan tombol V. kemudian klik tetes embun di daun dan drag ke arah lain. Sekarang anda memiliki dua buah tetes embun.

Gambar: Gandakan Tetes Embun.

10. Modifikasi Embun Menggunakan Liquify.

Kita akan memodifikasi bentuk embun pada layer Group 1 copy. Klik tanda panah di sebelah kiri Group 1 copy untuk membukanya, kemudian klik Layer 1. Selanjutnya pilih menu Filter>Liquify. Akan terbuka window Liquify. Klik icon Forward warp Tool di sebelah ujung kiri atas window. Pada Tool option di sebelah kiri, silahkan isikan ukuran brush dan brush pressure sesuai kebutuhan anda. Kemudian terapkan liquify untuk embun dengan cara mengklik embun dan mendrag keluar untuk membentuk embun sesuai keinginan anda. Jika sudah selesai, klik tombol OK. Sampai disini selesai sudah tutorial dasar membuat embun photoshop. Silahkan anda modifikasi lebih lanjut. Selamat berkarya!

Gambar: Klik layer embun.


Gambar: Forward Warp Tool.


Gambar: Klik kemudian drag tetes embun.

Berikut ini hasilnya:
Efek Embun Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Cara Membuat Efek Embun Di Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar