Efek Foto Rontgen Dengan Photoshop

Efek Foto Rontgen Dengan Photoshop
Dalam ilmu kedokteran, sinar x biasa digunakan untuk melihat kondisi tulang manusia tanpa perlu melakukan pembedahan. Masyarakat mengenalnya dengan nama foto Rontgen. Jika kita memiliki foto kerangka tulang, kita bisa membuat efek foto rontgen menggunakan Photoshop. Caranya sederhana, dengan melakukan seleksi di bagian tulang, memisahkan seleksi tersebut menjadi layer terpisah, membuat background foto rontgen berwarna hitam, inversi kerangka tulang, desaturasi warna tulang dan terakhir mengatur Hue, Saturasi serta lightness pada warna rontgen (biasa berwarna biru atau hijau).





Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs Morguefile. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Foto.

Buka aplikasi Photoshop kemudian buka foto dengan memilih menu File>Open. Pilih foto anda kemudian klik tombol OK. Saya akan menggunakan foto kerangka tulang binatang untuk diubah menjadi efek foto rontgen.

Gambar: Buka Foto.

2. Buat Seleksi Pada Kerangka.

Lakukan seleksi di seluruh tulang menggunakan tool seleksi favorit anda. Saya akan menggunakan Quick Selection Tool. Klik icon Quick Selection Tool kemudian klik dan drag pada tulang untuk membuat seleksi. Untuk menghilangkan seleksi di daerah tertentu, klik daerah tersebut sambil menekan tombol Alt.

Gambar: Quick Selection Tool.


Gambar: Lakukan seleksi pada tulang.

3. Pisahkan Seleksi Menjadi Layer Terpisah.

Langkah selanjutnya adalah memisahkan area seleksi menjadi sebuah layer tersendiri dengan cara menekan tombol Ctrl+J atau memilih menu Layer>New>Layer via copy.

Gambar: Tekan Ctrl+J.

4. Buat Background Berwarna Hitam.

Klik layer Background untuk mengaktifkannya kemudian klik icon Create a New Layer yang berada di bagian bawah Layer panel. Akan terbentuk Layer 2 diantara layer Background dan Layer 1. Tekan tombol D untuk mereset warna foreground/background ke default. Dengan posisi Layer 2 sebagai layer aktif, tekan tombol Alt+Delete untuk mengisinya dengan warna hitam.

Gambar: Create a new layer.


Gambar: Tekan D untuk reset warna Foreground dan background.


Gambar: Fill dengan warna hitam tekan tombol Alt+Delete.

5. Inversi Tulang.

Klik Layer 1 untuk mengaktifkannya kemudian pilih menu Image>Adjustments>Invert atau tekan tombol Ctrl+I.

Gambar: Tekan Ctrl+I untuk inversi.

6. Desaturasi Tulang.

Dengan posisi Layer 1 aktif, pilih menu Image>Adjustments>Desaturate.

Gambar: Desaturate.

7. Buat Layer Baru di Posisi Teratas.

Klik icon Create a New Layer untuk membuat layer baru kemudian drag ke posisi teratas.

Gambar: Buat layer baru.

8. Fill Layer Teratas Dengan Warna Sinar X (biru atau Hijau).

Dengan posisi Layer baru sebagai layer aktif tekan Shift+F5 atau pilih menu Edit>Fill. Di kotak dialog Fill, pilih Color. Akan muncul kotak dialog Color Picker. Pada color picker silahkan pilih sembarang warna hijau atau biru kemudian klik tombol OK. Kita akan mengatur warna ini kemudian menggunakan Hue/Saturation. Ubah blend modenya menjadi Color Burn.

Gambar: Klik Color.


Gambar: Pilih warna x-rays (biru atau hijau).


Gambar: ubah blend mode ke color burn.

9. Terapkan Hue/Saturation Pada Layer Teratas.

Klik layer teratas untuk memastikannya aktif. Kemudian pilih menu Image>Adjustments>Hue/Saturation. Pada kotak dialog Hue/Saturation silahkan anda geser-geser slider Hue, Saturation dan Lightness untuk mendapatkan efek foto sinar x. Pengaturan ini pasti berbeda tergantung foto anda. Selamat mencoba!

Gambar: Hue/Saturation.

Efek Foto Rontgen Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Efek Foto Rontgen Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar