Membuat Efek Vignette Pada Foto di Paint.NET

Membuat Efek Vignette Pada Foto di Paint.NET
Efek Vignette atau efek pinggiran foto berwarna gelap biasa disebabkan oleh pengaturan kamera atau keterbatasan lensa. Namun, sebuah vignette biasa ditambahkan untuk foto sebagai efek kreatif seperti memberikan fokus di bagian tengah foto. Selain menggunakan kamera, kita bisa memberikan efek foto vignette menggunakan aplikasi pengolah foto gratis seperti Paint.NET. Aplikasi Paint.NET tidak memiliki perintah vignette, walaupun ada plugin vignette yang tersedia yang bisa didownload. Berikut ini akan dijelaskan teknik menambahkan vignette menggunakan Paint.NET, tanpa menggunakan plugin. (edit: Paint.NET versi 4 telah memiliki perintah effect>vignette, jika anda ingin membuat efek vignette secara cepat). Sumber foto untuk tutorial ini diambil dari situs Microsoft Office Images.





Video: Tutorial Paint.NET, Efek Vignette.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarPaint untuk mendapatkan update video tutorial Paint.NET lainnya.

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Foto Anda.

Setelah membuka aplikasi Paint.NET, buka foto anda dengan memilih menu File>Open atau shortcut keyboard Ctrl+O. Pada jendela Open, browse kemudian klik foto anda dan klik tombol Open.

Gambar: Buka Foto.

2. Lakukan Seleksi Menggunakan Ellipse Select.

Langkah berikutnya adalah membuat seleksi berbentuk ellipse. Klik icon Ellipse Select pada panel tool. Buat seleksi foto dengan  mengklik di ujung kiri atas foto kemudian drag ke arah kanan bawah.

Gambar: Klik icon Ellipse Select.


Gambar: Buat Seleksi Foto.

3. Inversi Seleksi.

Lakukan inversi seleksi dengan memilih menu Edit>Invert Selection atau menggunakan shortcut Ctrl+I.

Gambar: Inversi Seleksi.

4. Buat Layer Baru.

Buat layer baru dengan memilih menu Layers>Add New Layer atau shortcut Ctrl+Shift+N.

Gambar: Buat Layer Baru.

5. Fill Layer Baru Dengan Warna Hitam.

Klik Layer 2 untuk memastikannya aktif. Fill dengan warna hitam. Caranya, pada panel color, klik icon Black & White agar warna foreground dan background menjadi hitam dan putih. Kemudian pilih menu Edit>Fill Selection. Sekarang area di sekeliling foto anda telah berwarna hitam. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

Gambar: Fill Seleksi dengan warna hitam.

6. Tambahkan Gaussian Blur.

Dengan posisi Layer 2 aktif, pilih menu Effects>Blurs>Gaussian Blur. Pada jendela Gaussian Blur, silahkan geser slider radius untuk mengatur efek blur. Klik tombol OK.

Gambar: Gaussian Blur.

7. Atur Opacitynya.

Langkah terakhir adalah mengatur opacity dari efek gaussian blur. Klik icon properties yang terletak di ujung kanan bawah layer panel. Akan muncul jendela Properties. Silahkan anda geser slider Opacity untuk mengaturnya. Kemudian klik tombol OK.

Gambar: Atur Opacity.

Selesai sudah efek vignette menggunakan Paint.NET, berikut hasilnya:
Membuat Efek Vignette Pada Foto

Gambar: Tutorial Foto Dengan Efek Vignette Paint.NET.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Paint.NET ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar