Cara Membuat Efek Lens Flare GIMP

Cara Membuat Efek Lens Flare GIMP
Lens flare adalah cahaya yang tersebar dalam lensa akibat pancaran cahaya matahari yang tertangkap oleh kamera ketika kita mengambil foto. GIMP memiliki Filters>Light And Shadow>Lens Flare yang bisa digunakan untuk menambahkan efek cahaya matahari pada foto. Efek ini cocok ditambahkan pada foto yang agak gelap. Jika foto anda tidak terlalu gelap, anda bisa mengaturnya menggunakan Colors>Bightness-Contrast. Filter Lens Flare sebaiknya diterapkan pada layer tersendiri agar tidak merusak foto aslinya. Foto yang digunakan untuk keperluan tutorial GIMP ini diambil dari situs web rgbstock. Berikut ini tutorial menambahkan efek lens flare pada foto menggunakan GIMP.




Video: Tutorial efek lens flare GIMP.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarGimp untuk mendapatkan update video tutorial GIMP lainnya.

1. Buka Foto Dalam GIMP.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda. Setelah foto terbuka, tekan tombol D untuk mereset warna foreground ke default (warna hitam) kemudian buat layer baru dengan memilih menu Layer>New Layer. Pada jendela New Layer, isikan Name: Lens Flare dan Layer Fill Type diklik Foreground color. Klik tombol OK. Ubah Mode Lens Flare menjadi Screen.

Gambar: Buka foto dan buat layer baru.

2. Terapkan Filter Lens Flare.

Klik layer Lens Flare untuk mengaktifkannya kemudian pilih menu Filters>Light And Shadow>Lens Flare. Pada jendela Lens Flare, klik kotak preview untuk menentukan posisi pusat cahaya matahari kemudian klik tombol OK. Sekarang foto anda sudah memiliki efek lens flare. Jika posisi pusat lens flare anda rasa belum tepat, tekan tombol Ctrl+Z dan buka kembali menu Filters>Light And Shadow>Lens Flare. Selamat mencoba.

Gambar: Klik kotak preview untuk menentukan posisi pusat lens flare.

Berikut ini foto sebelum penerapan filter lens flare:

Gambar: foto sebelum penerapan filter lens flare.

Dan berikut ini hasilnya:

Cara Membuat Efek Lens Flare GIMP
Gambar: Tutorial Efek lens flare GIMP.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial GIMP ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar