Membuat Efek Soft Focus di GIMP

Membuat Efek Soft Focus di GIMP
Efek soft focus bisa memberikan efek foto “negeri dongeng” atau “dreamy” karena efek blur, warna yang tajam dan tingkat cahaya yang terang. Memberikan focus pada foto dapat dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi GIMP dengan memberikan filter Gaussian Blur dan mengatur Lightness/ Saturation. Foto yang digunakan untuk keperluan tutorial GIMP ini diambil dari situs web rgbstock. Berikut ini tutorial membuat efek soft focus pada Foto menggunakan GIMP hanya dalam 4 langkah:





Video: Tutorial efek soft focus GIMP.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarGimp untuk mendapatkan update video tutorial GIMP lainnya.

1. Buka Foto.

Muat foto ke dalam GIMP dengan memilih menu File>Open kemudian gandakan layer dengan memilih menu Layer>Duplicate Layer. Untuk mempermudah pekerjaan, double klik nama layer duplikat dan ubah namanya.

Gambar: Buka foto kemudian gandakan layer.

2. Berikan Filter Gaussian Blur.

Dengan posisi layer soft focus aktif, pilih menu Filters>Blur>Gaussian Blur. Klik RLE untuk Blur Method dan isikan blur radius kira-kira 8-10 pixels. Klik tombol OK.

Gambar: Berikan Gaussian Blur.

3. Atur Opacity.

Atur opacity layer menjadi kira-kira 50 untuk mengurangi tingkat blur.

Gambar: Atur opacitynya.

4. Atur Hue-Saturation.

Pilih menu Colors>Hue-Saturation kemudian isikan nilai Lightness sebesar 8-10 dan Saturation sebesar 8-10. Klik tombol OK.

Gambar: Atur Hue-Saturation.

Berikut ini foto original:

Gambar: Foto original.

Dan berikut hasilnya:
Membuat Efek Soft Focus di GIMP

Gambar: Tutorial Efek Soft Focus GIMP.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial GIMP ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar