Cara Membuat Graffiti Di Paint.NET

Cara Membuat Graffiti Di Paint.NET
Grafiti atau graffiti adalah coretan-coretan dinding menggunakan cat semprot kaleng, sapuan cat atau kapur, yang membentuk suatu komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Berikut ini tutorial cara membuat graffiti di Paint.NET. Langkah pertama adalah menuliskan teks pada tekstur tembok, memberikan efek oil painting, memberikan efek frosted glass agar tulisan mirip semprotan cat, kemudian mengandakan layer teks menjadi dua. Masing-masing dengan blend mode Multiply dan Overlay. Untuk keperluan tutorial Paint.NET ini, sumber foto tekstur tembok diambil dari situs freestocktextur, sedangkan font diambil dari situs www.dafont.com.





Video: Tutorial Paint.NET, Graffiti.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarPaint untuk mendapatkan update video tutorial Paint.NET lainnya.

1. Download Font Untuk Graffiti.

Masuk ke situs web www.dafont.com, kemudian klik jenis font Script>Graffiti. Silahkan download font graffiti yang anda sukai. Setelah mendownload, anda akan mendapatkan file dengan format zip.

2. Ekstrak Kemudian Install Font.

Ekstrak file font menggunakan aplikasi 7Zip. Anda akan mendapatkan file dengan format TrueType (.TTF). Klik kanan file .TTF ini kemudian klik copy. Buka Windows Explorer, ketik pada address bar Control PanelAppearance and PersonalizationFonts kemudian tekan tombol Enter. Klik kanan kemudian klik Paste. Font sekarang terinstall pada windows anda. Untuk lebih jelasnya baca tutorial adding font fot paint.net.

3. Buka Paint.NET Dan Buka Tekstur Tembok.

Pilih menu File>Open, klik foto tekstur tembok, kemudian klik tombol Open.

Gambar: Buka tekstur tembok.

4. Buat Layer Kosong, Pilih Jenis Font, Warna Font, Dan Tuliskan Teks.

Buat layer kosong untuk menampung tulisan dengan memilih menu Layers>Add New Layer. Klik Text Tool pada panel Tool. Pilih warna di panel Colors. Klik dokumen kemudian tuliskan teks anda.

Gambar: Pilih jenis font.


Gambar: Buat tulisan pada kanvas.

5. Atur Ukuran Dan Posisi Tulisan Dengan Move Selected Pixels.

Perkecil ukuran kanvas dengan menekan tombol Ctrl+- berulang-ulang. Klik icon Move Selected Pixels. Klik pada tulisan kemudian drag untuk mengatur posisinya. Klik di pojok kotak seleksi kemudian drag keluar untuk memperbesarnya. Tekan Enter jika sudah selesai mengatur. Perbesar kembali ukuran kanvas dengan memilih menu View>Zoom to window.

Gambar: Atur ukuran dan posisi tulisan.

6. Berikan Efek Oil Painting.

Klik layer teks untuk mengaktifkannya. Pilih menu Effect>Artistic>Oil Painting. Silahkan anda atur brush size dan coarseness kemudian klik tombol OK.

Gambar: Berikan efek oil painting.

7. Berikan Filter Distort Frosted Glass.

Untuk memberikan efek tulisan cat, pilih menu Effects>Distort>Frosted Glass.

Gambar: Efek Frosted glass.

8. Ubah Blend Mode Ke Overlay.

Double Klik Layer Teks kemudian ubah blend modenya menjadi Overlay.

Gambar: Blend Mode Overlay.

9. Gandakan Layer Teks Dan Ubah Blend Modenya Ke Multiply.

Klik Layer Teks kemudian pilih menu Layers>Duplicate Layer. Double klik layer duplikat tersebut kemudian ubah blend modenya ke Multiply.

Gambar: Blend mode multiply.

Berikut hasilnya:
Cara Membuat Graffiti Di Paint.NET

Gambar: Tutorial membuat efek Grafitti dengan Paint.NET

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Paint.NET ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

1 komentar: