Tutorial Vexel Art Dengan Photoshop

Tutorial Vexel Art Dengan Photoshop
Efek Vexel art adalah sebuah gambar berbasis raster yang berusaha meniru grafik berbasis vector. Istilah vexel sendiri berasal dari kata “Vector” dan “Pixel”. Kita bisa mengubah foto menjadi seni vexel menggunakan tool seleksi seperti Pen Tool. Namun caranya cukup sulit karena membutuhkan keahlian menggunakan Pen Tool. Berikut tutorial vexel art dengan Photoshop. Pada tutorial kali ini kita akan berusaha mengubah foto menjadi vexel dengan memanfaatkan filter Artistic Poster Edges. Sumber foto yang digunakan untuk tutorial Photoshop ini diambil dari situs Pixabay.





Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya melakukan seleksi orang yang ingin kita ubah menjadi vexel, kemudian kita pisahkan seleksi tersebut menjadi layer tersendiri agar kita bisa terapkan filter Poster Edges. Sebagai tambahan, kita akan berikan custom shape tool. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
Video: Tutorial Photoshop, vexel art.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto Ke Dalam Photoshop.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda.

Gambar: Buka foto.

2. Buat Seleksi Menggunakan Tool Seleksi.

Saya akan menggunanakn Quick Selection Tool. Klik icon Quick Selection Tool, kemudian buat seleksi orang, caranya klik dan drag di area orang. Jika ingin menghilangkan seleksi di bagian tertentu, klik dan drag di bagian tersebut sambil menekan tombol keyboard Shift. Setelah selesai membuat seleksi, pisahkan seleksi tersebut menjadi sebuah layer tersendiri dengan menekan tombol Ctrl+J. Jika seleksi masih aktif, tekan tombol Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

Gambar: Quick Selection Tool.


Gambar: Buat seleksi kemudian tekan tombol Ctrl+J.

3. Buat Layer Baru Kemudian Fill Dengan Warna.

Klik layer Background kemudian pilih menu Layer>New>Layer. Pilih menu Edit>Fill untuk mengisi warna. Pada dropdown Use: pilih Color. Silahkan anda pilih warna pada Color Picker. Kemudian klik tombol OK.

Gambar: Fill layer.

4. Tambahkan Shape.

Klik icon Custom Shape Tool. Kemudian pada Option Bar, klik shape, klik icon gerindra, dan klik Symbols. Akan muncul kotak dialog “Replace current...”, klik tombol OK. Selanjutnya pilih shape Registration Target2 pada option bar. Klik icon gerindra, klik Defined proportion dan centang from center. Pilih warna untuk shape pada kotak warna di option bar.

Gambar: Custom Shape Tool.


Gambar: Custom Shape Symbols.


Gambar: Klik OK.


Gambar: Pilih Shape Registration Target2.


Gambar: Pilih warna, defined Proportions dan centang From Center.

5. Terapkan Shape Tool.

Tekan tombol Ctrl+- untuk memperkecil foto. Terapkan Shape Tool dengan cara, klik di bagian tengah foto kemudian drag keluar. Tekan Ctrl+H untuk menghilangkan shape.

Gambar: Terapkan Shape kemudian tekan Ctrl+H untuk menyembunyikan path shape.


Gambar: Setelah penerapan shape.

6. Berikan Filter Poster Edges.

Klik layer paling atas, kemudian pilih menu Filter>Filter Gallery. Pilih Artistic, kemudian pilih Poster Edges. Saya akan mengisikan nilai Edge Thickness: 10, Edge Intensity: 8, dan Posterization: 0. Klik tombol OK. Sesuaikan nilai ini tergantung foto anda.

Gambar: Filter Poster Edges.


Gambar: Berikan filter Poster Edges pada Layer 1.

Berikut hasilnya:
Efek Vexel Art Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Efek Vexel Art Dengan Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

2 komentar:

  1. Boleh pake efek ya gan... kalo saya biasanya pake photoshop pake efek posterize terus tracing sama corel gan.. biar sesuai namanya vector & pixel.. he..he..he..

    BalasHapus
  2. tracing pake photoshop lama jadi males bikin tutornya

    BalasHapus