Membuat Graffiti Dengan Photoshop

Membuat Graffiti Dengan Photoshop

Situs web dafont.com memiliki banyak font graffiti yang dapat kita unduh secara gratis. Font ini bisa kita gunakan untuk membuat efek tulisan graffiti menggunakan Photoshop. Setelah mengunduh font yang kita inginkan, ekstrak file tersebut kemudian install di komputer agar bisa kita gunakan dalam Photoshop. Untuk file tekstur tembok dalam tutorial Photoshop ini di download dari situs cgtextures.





Download source PSD, download displace.

Setelah menuliskan teks di atas tekstur tembok, anda bisa memberikan style pada teks tersebut. Untuk efek 3 dimensi bisa dibuat dengan memanfaatkan Move Tool. Dengan menekan tombol Alt dan tombol panah secara bersamaan dan berulang, kita akan memperoleh efek tulisan 3 dimensi. Dan terakhir, untuk blending mode kita akan menggunakan Style blending options agar warna font yang kita pilih tidak berubah. Untuk jelasnya silahkan ikuti tutorial efek graffiti berikut ini:
Video: Tutorial Photoshop, membuat efek graffiti.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube Trikmudah untuk mendapatkan update video tutorial Photoshop lainnya.

1. Buka Foto Tekstur Tembok.
Download foto tekstur tembok secara gratis di situs cgtextures.com, kemudian pilih menu File>Open untuk memuat nya ke dalam Photoshop.

Gambar: Buka Foto tekstur tembok.

2. Buat Tekstur Tembok Menjadi Hitam Putih.
Pilih menu Image>Adjustments>Desaturate, kemudian anda atur kontrasnya menggunakan perintah Image>Adjustments>Levels. Silahkan atur slider Input Levels sampai diperoleh kontras yang baik.
Gambar: Buat menjadi hitam putih dan atur kontras.

3. Simpan Foto Displace.
Pilih menu File>Save As, beri nama file, pada kolom format pilih Photoshop kemudian klik tombol Save. Silahkan anda tutup file displace anda dengan memilih menu File>Close.

Gambar: Simpan foto dengan nama displace.

4. Siapkan Font Untuk Graffiti.
Masuk ke situs web dafont.com, download font graffiti yang anda inginkan. Setelah didownload, ekstrak font tersebut jika dalam bentuk file zip kemudian install. Cara install, mengunakan windows explorer, klik kanan file font dan klik Preview. Pada windows preview, klik tombol Install.
Gambar: Install font graffiti.

5. Buka Kembali Foto Tekstur Tembok.
Tutup dahulu aplikasi Photoshop, kemudian buka kembali aplikasi Photoshop agar font yang baru kita install terbaca oleh Photoshop. Buka kembali foto tekstur tembok.

Gambar: Buka kembali tekstur tembok.

6. Tuliskan Teks pada Kanvas.
Klik icon Horizontal Type Tool, pilih jenis font, ukuran font, dan warna font, kemudian klik pada kanvas dan ketik tulisan anda. Tekan tombol Ctrl+Enter jika sudah selesai mengetik.
Gambar: Horizontal Type Tool.


Gambar: Atur option bar untuk font.


Gambar: Tuliskan graffiti.

7. Tambahkan Style Sesuai Selera.
Saya akan menambahkan stroke ke tulisan sebanyak dua kali. Pilih menu Layer>Layer Style>Stroke. Isikan Size dan color kemudian klik tombol OK. Selanjutnya ubah teks menjadi smart obyek, caranya pilih menu Layer>Smart Objects>Convert to smart object. Terapkan kembali stroke dengan menu Layer>Layer Style>Stroke.

Gambar:Tambahkan style stroke.

8. Transform dengan perspective.
Sebelum bisa diterapkan transform perspective, ubah terlebih dahulu layer teks menjadi smart object. Pilih menu Layer>Smart Objects>Convert To Smart Object. Selanjutnya pilih menu Edit>Transform>Perspective.
Gambar: Atur perspective.

9. Tambahkan Efek 3 Dimensi.
Klik icon Move Tool. Kemudian sambil menekan tombol Alt, tekan tombol panah atas sebanyak kira-kira 15 kali untuk memberikan efek 3 dimensi. Selanjutnya sambil menekan tombol Shift, klik layer teks duplikat ke-2 hingga ke-15, lalu pilih menu Layer>Merge Layer.

Gambar: Klik icon Move Tool.


Gambar: Berikan efek 3 dimensi. Sambil menekan tombol Alt, tekan tombol anak panah bawah sebanyak 15 kali.


Gambar: Merge Layer, layer kedua hingga layer teks original digabung menjadi 1 layer.

10. Berikan Gradient Overlay pada Layer Tulisan Kedua.
Klik layer teks kedua, pilih menu Layer>Layer Style>Gradient Overlay. Silahkan anda atur warna gradient overlay yang anda inginkan.
Gambar: Berikan gradient overlay.


Gambar: Gradient Overlay untuk layer teks kedua.

11. Gabung Kedua Layer Teks.
Sambil menekan tombol Shift, klik kedua layer teks, kemudian pilih menu Layer>Merge Layer.

Gambar: Gabung kedua layer tulisan menjadi satu.

12. Terapkan Displace.
Pilih menu Filter>Distort>Displace. Isikan horizontal scale dan vertical scale kemudian klik tombol OK. Selanjutnya anda akan diminta memilih file displace. Silahkan anda pilih file displace.PSD yang sebelum telah kita buat.

Gambar: Terapkan filter displace.


Gambar: Pilih file displace.

13. Atur Blending Warna.
Pilih menu Layer>Layer Style>Blending Options. Pada kolom Blend If, diisi Gray. Kemudian geser slider Underlying Layer sampai diperoleh blending yang sesuai. Sampai disini telah selesai efek graffiti kita.

Gambar: Atur blending warna.

Berikut hasilnya:
Membuat Tulisan Graffiti Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Cara Membuat Graffiti Di Photoshop.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Photoshop ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

9 komentar:

  1. sangat membantu sekali .. kunjungi juga blog aku yang photoshoper juga

    BalasHapus
  2. kok gak bisa di install kak tulisanya

    BalasHapus
  3. setelah download font, terus diekstrak, klik kanan trus klik install

    BalasHapus
  4. Yana Muzayyana Haqi8 November 2015 20.48

    oke lah

    BalasHapus
  5. Yusuf Firmansyah19 Februari 2016 01.49

    Gan, langkah terakhir yg load displace kalo diganti dengan mengganti blending mode menjadi overlay, apakah tetap sama hasilnya?

    BalasHapus
  6. ya dicoba lah hasil bisa beda tergantung fotonya

    BalasHapus
  7. Share file PSD nya bro :'v rejeki bulan puasa :'D

    BalasHapus
  8. share file psd dong gan

    BalasHapus
  9. nanti dishare ok cari2 file-nya dulu

    BalasHapus