Cara membuat efek lampu neon di GIMP

Cara membuat efek lampu neon di GIMP
Berikut ini tutorial cara membuat efek neon menggunakan GIMP. Aplikasi GIMP memiliki filter Neon yang bisa kita gunakan untuk memberikan efek lampu neon pada tulisan. Kita bisa mengedit efek neon yang dihasilkan oleh filter ini sesuai keinginan. Untuk jenis teks sebaiknya pilih teks neon. Kita bisa mendownloadnya di situs dafont.com. Silahkan anda download font neon kemudian install di komputer anda. Untuk keperluan tutorial GIMP ini saya akan mengunakan jenis font neon 80s. Selanjutnya download foto tekstur dinding yang akan kita gunakan sebagai foto background. Saya akan mendownload foto tekstur tembok batu bata dari situs cgtextures.com. Agar efek lampu neon terlihat baik, kita akan menggunakan perintah Curves untuk membuatnya terlihat lebih gelap. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:





Video: Tutorial GIMP, membuat efek cahaya lampu neon.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarGimp untuk mendapatkan update video tutorial GIMP lainnya.

1. Install Foto Neon.
Download font jenis neon 80s dari dafont.com, http://www.dafont.com/essque-productions.d1864, biasanya dalam bentuk ZIP, kemudian ekstrak. Setelah diekstrak, klik kanan file font /.ttf, kemudian klik install. Untuk Sistem Operasi Linux Ubuntu, double klik pada file font kemudian klik tombol "Install Font" pada window Preview.
Gambar: Klik kanan file neon.ttf kemudian klik install.

2. Buka Foto Tekstur.
Download file tekstur tembok dari pixabay.com. Pilih menu File>Open, untuk membuka foto tersebut ke dalam GIMP, selanjutnya pilih menu Image>Canvas Size. Silahkan anda catat ukuran Widht, Height foto tekstur anda.

Gambar: Buka foto tekstur lalu cata ukuran width, height-nya.

3. Buat Dokumen Baru.
Buat dokumen baru dengan memilih menu File>New. Isikan widht, height sesuai widht dan height foto tekstur yang akan anda gunakan. Klik kotak foreground color kemudian pilih warna hitam. Fill dokumen yang baru anda buat menggunakan warna hitam. Caranya pilih menu Edit>Fill with FG color.

Gambar: buat dokumen baru.

4. Atur Text Tool.
Klik icon Text Tool kemudian atur jenis font, ukuran font, dan warna font yang anda inginkan.

Gambar: Klik icon Text Tool.


Gambar: Atur Text Tool.

5. Tuliskan teks anda di kanvas.
Klik mouse pada kanvas kemudian tuliskan teks anda. Gunakan Move Tool untuk memindahkan teks.
Gambar: Tuliskan teks.

6. Buat Seleksi Pada Tulisan.
Pilih menu Layer>Transparency>Alpha To Selection. Anda bisa juga meng-klik kanan layer teks, kemudian pilih Alpha to Selection.

Gambar: Buat Seleksi pada tulisan.

7. Shrink Seleksi Kemudian Hapus.
Pilih menu Select>Shrink, isikan nilai shrink, lalu tekan tombol Delete keyboard. Pilih menu Select>None untuk menghilangkan seleksi.

Gambar: delete bagian dalam tulisan.

8. Terapkan Filter Neon.
Pilih menu Filters>Alpha to logo>neon. Silahkan anda isikan effect size, background color, dan glow color kemudian klik tombol OK. Tunggu beberapa saat hingga GIMP selesai memproses filter neon.

Gambar: terapkan filter neon.

9. Hapus Background.
Setelah filter neon selesai diproses, akan terbentuk beberapa layer diantaranya background, neon glow, dan neon tubes. Silahkan anda hapus background karena kita akan mengunakan tekstur tembok bata.

Gambar: Hapus layer background.

10. Berikan Gaussian Blur Pada Neon Glow.
Aktifkan layer neon glow kemudian pilih menu Filters>Blur>Gaussian Blur. Isikan nilai blur radius kemudian klik tombol OK.

Gambar: Berikan filter gaussian blur.

11. Gabung Kedua Layer Neon.
Sekaran gabung neon tubes dengan neon glow. Klik neon tubes kemudian pilih menu Layer>Merge Down.

Gambar: Merge Down.

12. Berikan Perspective.
Klik icon Perspective tool lalu klik teks neon kita. Silahkan anda klik kemudian drag di sudut kotak perspective untuk mengatur perspektif yang anda inginkan kemudian klik tombol transform.

Gambar: Klik icon perspective tool.


Gambar: Berikan perspective.

13. Kopi Foto Tekstur Sebagai Layer.
Buka foto tekstur tembok, pilih Select>All, Edit>Copy, kemudian klik kembali project efek neon kita dan pilih menu Edit>Paste as layer. Atau anda bisa menggunakan perintah File>Open as layer. Pindahkan foto background tembok ini ke posisi paling bawah.

Gambar: Salin foto tekstur.

14. Gunakan Curves Untuk Membuat foto tekstur lebih gelap.
Agar tembok bata terlihat lebih gelap, pilih menu Colors>Curves. Klik drag busur ke arah bawah. Klik tombol OK jika sudah puas dengan hasilnya.

Gambar: Buat background lebih gelap.

Berikut ini efeknya:
efek lampu neon di GIMP

Gambar: Tutorial Cara membuat efek lampu neon di GIMP.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial GIMP ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

3 komentar:

  1. gan saya mau tanya

    saya meggunakan linuk(ubunut)
    kemudian saya ingin download font-font yang seperti tutorial yang di atas
    ada link dowloanya gak

    terima kasih,,,
    setyaamanbudi@gmail.com

    BalasHapus
  2. Untuk linux ubuntu setau saya sama cara installnya. download font-nya dari dafont.com terus ekstrak, double klik file font-nya, kemudian klik tombol "Install font" silahkan lihat http://www.dafont.com/faq.php

    BalasHapus
  3. thank's for you posting, sangat membantu saya dalam mempelajari aplikasi GIMP yang baru saya miliki kemarin.. :)
    postingnya bermanfaat untuk belajar

    BalasHapus