Cara Membuat Graffiti Dengan GIMP

Cara Membuat Graffiti Dengan GIMP
Berikut ini tutorial cara membuat graffiti di GIMP. Aplikasi pengolah foto gratis GIMP, memiliki Filter Bump Map. Filter ini bisa kita gunakan untuk membentuk efek graffiti. Filter ini akan membuat tulisan yang kita buat terlihat menyatu dengan foto background. Untuk keperluan tutorial GIMP ini saya akan menggunakan foto tekstur tembok bata dari situs Pixabay, sedangkan untuk font graffiti saya ambil dari situs dafont.com. Silahkan anda download kedua file tersebut. Untuk font, setelah anda download, silahkan anda ekstrak. Setelah diekstrak, klik kanan pada file font kemudian klik install. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.





Video: Tutorial GIMP, membuat graffiti.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarGimp untuk mendapatkan update video tutorial GIMP lainnya.

1. Siapkan Font Untuk Graffiti.
Masuk ke situs web dafont.com, download font graffiti yang anda inginkan. Setelah didownload, ekstrak font tersebut jika dalam bentuk file zip, kemudian install. Cara install, mengunakan windows explorer, klik kanan pada file font dan klik Preview. Pada windows preview, klik tombol Install.

Gambar: Install font graffiti.

2. Buka Foto Tekstur Tembok.
Download foto tekstur tembok secara gratis di situs pixabay.com, kemudian pilih menu File>Open untuk memuat ke dalam GIMP.
Gambar: Buka foto tekstur tembok.

3. Tuliskan Teks pada Kanvas.
Klik icon Text Tool, pilih jenis font, ukuran font, dan warna font, kemudian klik pada kanvas dan ketik tulisan anda.

Gambar: Klik Text Tool.


Gambar: Atur font.


Gambar: Tuliskan teks pada kanvas.

4. Buat Stroke Pada Tulisan.
Pilih menu Layer>Transparency>Add To Selection untuk membuat seleksi. Lalu pilih menu Select>Grow, isikan nilai 20, klik tombol OK. Klik kotak warna foregorund color kemudian pilih warna untuk stroke. Saya akan memilih warna merah. Buat layer baru transparan dan geser posisinya di bawah layer tulisan. Pastikan layer baru aktif kemudian pilih menu Edit>Fill with FG color. Sekarang graffiti anda memiliki garis border berwarna merah.

Gambar: Buat stoke pada tulisan.

5. Buat Border Untuk Graffiti.
Pastikan seleksi masih aktif, pilih menu Select>Grow. Kali ini isikan nilai 100 dan klik tombol OK. Buat layer baru transparan kemudian geser posisinya tepat diatas layer tembok batu bata. Selanjutnya klik Blend Tool (gradient), klik kotak warna foreground, saya akan memilih warna biru. Untuk background saya akan memilih warna putih. Selanjutnya klik dan drag di tulisan graffiti untuk menerapkan gradient. Pilih menu Select>None untuk menghilangkan seleksi.

Gambar: Tambahkan border pada graffiti.

6. Gabung Ketiga Layer.
Klik layer paling atas kemudian pilih menu Layer>Merge Down. Ulangi pilih menu Layer>Merge Down, sehingga ketiga layer sekarang menjadi satu layer.

Gambar: gabung layer.

7. Berikan Filter Bump Map.
Pilih menu Filters>Map>Bump Map. Untuk pilihan Bump Map diisi layer tembok batu bata agar tulisan graffiti kita mengikuti tekstur tembok batu bata. Klik tombol OK. Jika efek bump map masih kurang, ulangi penerapan filter bump map. Anda bisa menekan tombol Ctrl+F beberapa kali.

Gambar: Berikan filter bump map.

Berikut ini efek graffiti yang dihasilkan:
Cara Membuat Graffiti Tulisan Dengan GIMP

Gambar: Tutorial Membuat graffiti di GIMP.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial GIMP ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar