Mengganti Background Foto Dengan Paint.NET

Tutorial cara Mengganti Background Foto Dengan Paint.NET
Banyak cara untuk mengganti background foto dengan Paint.NET. Intinya adalah kita melakukan seleksi pada area yang ingin kita hapus menggunakan tool seleksi, kemudian kita hapus menggunakan tombol Delete keyboard, menyisakan background transparan. Buka foto background yang baru. Kopikan pada foto utama dengan memilih menu Edit>Select All kemudian Edit>Paste into new Layer. Pada tutorial ini kita akan menggunakan tool seleksi magic wand dan eraser tool. Anda bisa menggunakan tool seleksi lain tentunya. Untuk keperluan tutorial Paint.NET ini akan digunakan foto dari Pixabay.com. Mari kita mulai langkah-langkah cara mengganti background foto dengan Paint.NET.





Video: Tutorial Paint.NET, cara mengganti background foto.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube BelajarPaint untuk mendapatkan update video tutorial Paint.NET lainnya.

1. Buka Foto.

Pilih menu File>Open, pilih foto anda kemudian klik tombol Open. Anda bisa menggandakan layer dengan memilih menu Layers>Duplicate Layer, kemudian hilangkan centang visibility optionnya.

Gambar: Buka foto ke dalam Paint.NET.

2. Pilih Magic Wand Tool.

Klik icon Magic Wand, kemudian pada option bar silahkan atur Add (union), Flood Mode Contigous, Sampling Layer, Antialiased selection quality, dan tolerance isikan 50%.

Gambar: Pilih magic wand tool.


Gambar: Option bar untuk magic wand.

3. Buat Seleksi Pada Background.

Klik mouse pada area background. Pastikan terbentuk seleksi pada background foto, bukan pada area foto utama anda. Silahkan anda atur tolerance pada option bar. Untuk foto contoh, saya akan mengubah tolerance menjadi 31%. Sesuaikan pengaturan tolerance ini tergantung foto anda.

Gambar: Atur tolerance ke 31%.


Gambar: buat seleksi pada background.

4. Hapus Area Seleksi.

Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus area seleksi. Klik kembali magic wand tool pada area background lainnya yang masih tersisa.

Gambar: Hapus area seleksi.

5. Bersihkan Menggunakan Eraser Tool.

Klik icon Eraser Tool. Untuk hardness bisa anda isikan 75% atau 100%. Atur ukuran brush menggunakan tombol keyboard kurung buka [ untuk memperkecil, dan kurung tutup ] untuk memperbesar brush.

Gambar: bersihkan menggunakan eraser tool.

6. Buka Foto Background.

Sekarang waktunya mengganti background. Pilih menu File>Open, pilih foto background anda kemudian klik tombol Open.

Gambar: Buka foto background.

7. Kopikan Foto Background

Pilih menu Edit>Select All kemudian menu Edit>Copy. Klik project utama kemudian pilih menu Edit>Paste Into New Layer. Atur ukurannya agar sama dengan ukuran layer project utama dengan menggunakan mouse.Tekan tombol Enter jika sudah selesai mengatur ukurannya. Pindahkan layer foto background ke bawah.

Gambar: Kopikan foto background.

8. Atur Ukuran Obyek Utama.

Klik layer foto utama kemudian atur ukurannya dengan memilih menu Layers>Rotate / Zoom. Silahkan anda geser-geser slider Zoom kemudian klik tombol OK. Geser posisi obyek utama menggunakan Move Tool.

Gambar: Atur menggunakan Rotate Zoom.

9. Atur Pencahayaan Menggunakan Curves.

Pilih menu Adjustments>Curves. Silahkan geser busur untuk mengatur tingkat cahaya. Klik tombol OK.

Gambar: Atur menggunakan Curves.

10. Save As Dengan Format File PNG Atau PDN.

Simpan hasilnya dengan memilih menu File>Save As, isikan nama file yang anda inginkan, pada drop down save as type, pilih PNG atau PDN. Klik tombol Save.

Berikut ini foto original:

Gambar: Foto original.

Berikut hasilnya:
Mengganti Background Foto Dengan Paint.NET

Gambar: Tutorial mengganti background foto di Paint.NET.

Semoga Anda menyukainya. Jika Anda menyukai tutorial Paint.NET ini, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke Trikmudah.com).

3 komentar:

  1. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    BalasHapus